Iva Umi Nur Makhgfiroh
Pengarang
Maryono, M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Drs. H. Noor Aziz, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
H. Mukromin,Alh.,M.Ag
Penguji 1
Dr. Ahmad Khoiri, S.Pd., M.Pd
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius siswa MAN 1 Wonosobo; 2) Mengetahui Upaya Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Wonosobo; 3) Mengetahui kebijakan yang diterapkan dalam membentuk karakter religius melalui nilai-nilai pendidikan Islam di MAN 1 Wonosobo; 4) Mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam memebentuk karakter religius siswa di MAN 1 Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif desktiptif, dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data Model Miles dan Huberman yaituu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan 1) Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Wonosobo melalui tiga nilai pendidikan Islam. Nilai akhlak melalui kedisiplinan siswa dan sikap saling menghargai danmenghormati, nilai akidah melalui mujahadah dan berdoa sebelum dan sesudah pembelajaran, dan nilai ibadah melalui shalat dhuha dan shalat dzuhur berjamaah. 2) Upaya Implementasi nilai-nilai pendidikan Islam dalam membentuk karakter religius siswa di MAN 1 Wonosobo dilakukan melalui memberikan teladan yang baik terhadap siswa untuk membentuk karakter religius, menciptakan budaya yang berbasis religi, mengadakan esktrakulikuler yang berbagis religi, menciptakan sebuah aturan dalam upaya membentuk karakter religius.3) Kebijakan yang diterapkan dalam membentuk karakter religius siswa melalui nilai-nilai pendidikan Islam melalui penerapan kurikulu yang digunakan di MAN 1 Wonosobo yaitu menggunakan kurikulum K13 dan pedoman KMA 183 dan KMA 184 Tahun 2019.
Kata kunci : Implementasi, Nilai Nilai Pendidikan Islam, Karakter Religius