Prodi Pendidikan Agama Islam
UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA KEPADA SISWA DI SMA NEGERI 1 MOJOTENGAH WONOSOBO
XML
Ucie Soifatul Faoziah. UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA DALAMMENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMAKEPADA SISWA DI SMA N 1 MOJOTENGAH WONOSOBO.Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UniversitasSains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Di dalam sekolah yang terdapat beberapa keyakinan ini gurumengupayakan kondisi dalam lingkungan tersebut tercipta kerukunan dankeharmonisan antar umat beragama agar menghindari dari beberapa kasus-kasusbelakangan yang sering terjadi ini tentang pembulian, kekerasan antar agama danlain sebagainya. Skripsi ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui upaya gurupendidikan agama dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama kepadasiswa. 2) Bagaimana dalam proses pembelajarannya. 3) Faktor pendukung danpenghambat dalam penanaman nilai-nilai toleransi di SMA N 1 MojotengahWonosobo.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskrptif atau jenis penelitianlapangan. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Mojotengah Wonosobo. Sumberdata dalam penelitian ini ada dua yaitu data primer dan data sekunder. Sumberprimer adalah data yang diperoleh langsung dari SMA N 1 MojotengahWonosobo dan data sekunder adalah buku-buku keagamaan dan teori tentangtoleransi. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi,dan dokumentasi. Instrument data menggunakan pedoman wawancara. Ujikeabsahan data menggunakan tringulasi sumber. Teknik analisis data denganmenggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: 1) Dengan memberikan arahandan bimbingan kepada siswa guru dapat mempengaruhi kepekaan siswa denganperbedaan yang ada. 2) Pembentukan kelompok diskusi dalam pembelajaran yangdi dalam kelompok tersebutterdapat siswa dengan agama yang berebeda jugamerupakan pengaruh positif untuk perkembangan sosial siswa. 3) Melakukanpendekatan secara daring dan pendekatan secara langsung kepada siswa dan orangtua ini juga cukup relevan untuk di lmembangun sikap toleransi terhadap siswa. 4)Lemahnya kesadaran siswa dalam lingkungan pertemanan, beberapa fasilitas yangmasih dibutuhkan menjadi hambatan guru dalam memberikan pembelajarankepada peserta didik, faktor pendukung dalam masyarakat sekolah ini sangatmemberi dukungan maksimal kepada kegiatan-kegiatan sehingga dapatterselenggara dengan baik.
Kata Kunci : Upaya, Guru Agama, Toleransi.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ucie Soifatul Faoziah - Personal Name
|
Student ID |
2018010281
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6236 UCI U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |