Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP OPTIMALISASI PRESENTASI BELAJAR SISWA KELAS VII A DI SMP TAKHASSUS AL-QUR'AN KALIBEBER
XML
Nur Widha Natasha, 2022, IMPLEMENTASI METODE DISKUSI DALAMMATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAPOPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR SISWA DI KELAS VII A DISMP TAKHASSUS AL- QUR’AN KALIBEBER, Fakultas Ilmu TarbiyahDan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah Di Wonosobo.Penelitian ini bertujuan untuk, 1.Untuk mengetahuhi metode diskusi dalammata pelajaran pendidikan agama islam siswa kelas VII A SMP Takhassus al –qur’an kalibeber, 2. Untuk mengetahui Implementasi pembelajaran dalamoptimaslisasi prestasi belajar siswa kelas VII A SMP takhassus al- qur’an, 3.Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaransiswa kelas VII A SMP takhassus al – qur’an kalibeber.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakanpendekatan kualitatif yaitu pendekekatan yang bertujuan untuk mendiskripsikandan memahami makna yang Nampak, yaitu implementasi metode diskusi dalammata pelajaran pendidikan agama islam terhadap optimalisasi prestasi belajarsiswa di kelas VII A di smp takhassus al- qur’an kalibeber. Subjek penelitiannya :Kepala sekolah , Guru Pendidikan Agama Islam dan Siswa Kelas VII A SMPTakhassus Al – Qur’an Kalibeber. Metode pengumpulan datanya menggunakanwawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisisdeskriptif kualitatif.Hasil penelitian menujukan bahwa implementasi metode diskusi dalammata pelajaran pendidikan agama islam terhadap optimalisasi prestasi belajarsiswa di kelas vii a di smp takhassus al- qur’an kalibeber. Terdiri dari langkahpersiapan dan langkah pelaksanaan. Proses persiapam dan pelaksanaan metodediskusi dalam mata pelajaran pendidikan agama islam memberikan pengaruhpositif dalam membuat nyaman siswa dalam belajar serta mampu membuatmeningkatkan prestasi siswa, karena metode diskusi dalam mata pelajaranpendidikan agama islam sangat menyenangkan, siswa terlihat sangat senang danmenikmati proses pembelajaran. Sedangkan kendala implementasi metode diskusidalam mata pelajaran pendidikan agama islam yaitu kurang nya keseriusan siswadalam proses diskusi saat berlangsung kemudian latar belakang siswa yangberbeda sehingga mempunyai kemampuan yang berbeda dalam merespon dalambelajar.
Kata Kunci : Implementasi Metode Diskusi, Pendidikan Agama Islam,Prestasi Belajar
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nur Widha Natasha - Personal Name
|
Student ID |
2018010279
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
Drs. Ali Imron, M.Ag - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6220 NUR I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |