Prodi Pendidikan Fisika
KREATIVITAS GURU DENGAN METODE TEPUK TANGAN KELEDAI CERDIK DAN TALKING STICK PADA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP N 2 GARUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
XML
Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui adanya (1) pengaruh metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik dan Metode Talking Stick terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa, (2) perbedaan pengaruh metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik dan metode Talking Stick terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa, (3) besar pengaruh metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik dan metode Talking Stick terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen quasi. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu eksperimen 1 dan eksperimen 2. Kedua kelas diberi tes pretest untuk menguji kemampuan awal siswa. Kemudian diberi angket untuk mengetahui tingkat motivasi siswa. Setelah itu dikenakan tes akhir berupa tes prestasi siswa (posttest). Hasil pretest diuji homogenitas terlebih dahulu, sehingga didapat kelas yang homogen. Populasi penelitian sample diambil berdasarkan Proportionate Stratified Random Sampling. Kemudian diperoleh sample penelitian 28 siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dengan metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik dan 30 siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan metode Talking Stick.
Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa: (1)prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik lebih tinggi daripada yang diajar menggunakan metode Talking Stick, hal itu dibuktikan dengan uji hipotesis uji-t Polled Varians, bahwa didapat hasil perhitungan thitung sebesar 3,57 ternyata lebih besar dari ttabel pada taraf signifikasi 5% yaitu sebesar 2,000 dengan dk 56, maka thitung > ttabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak, maka ada pengaruh metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik terhadap prestasi belajar siswa. Nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen 66,25, lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 58. (2) terdapat perbedaan pengaruh antara metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik dan metode Talking Stick, bahwa metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik lebih berpengaruh terhadap prestasi daripada metode Talking Stick, namun pada motivasi metode Talking Stick lebih berpengaruh (3) peningkatan prestasi belajar siswa yang dihitung dengan uji N-Gain, diperoleh hasil bagi kelas yang diajar dengan metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik meningkat 26% dengan kriteria sedang. Sehingga penggunaan metode Tepuk Tangan Keledai Cerdik menghasilkan hasil yang baik karena dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Arba Finda Sejati - Personal Name
|
Student ID |
0610300184203130045
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2017 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |