Prodi PIAUD
PENGARUH PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KOMPLEKZ BERBAHAN LIMBAH KARDUS TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK USIA DINI DI RA MASYHITHOH 1 ROPOH TAHUN 2021/2022
XML
INDRIYANI. Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Alat Peraga KomplekzBerbahan Limbah Kardus Terhadap Kemampuan Berhitung Anak.Skripsi. Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas SainsAl-Qur‟an Jawa Tengah di Wonosobo. Juni 2022.Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah terdapat beberapa anakyang masih mengalami kesulitan memahami pelajaran berhitung sepertimengurutukan angka, menyebutkan dan penjumlahan kemudian anak mudahbosan. Terdapat juga beberapa masalah seperti guru belum memahamipembelajaran dipaud dan kebanyakan guru belum memiliki ijazah sesuai merekamengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ProsesPembelajaran menggunakan Alat Peraga Komplekz untuk AUD di RAMASYITHOH 1 ROPOH. 2) Untuk mengetahui pengaruh pembelajaranmenggunakan Alat Peraga Komplekz terhadap kemampuan berhitung AUD di RAMASYITHOH 1 ROPOH.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metodeeksperimen, desain penelitian ini pre-eksperimental design dengan menggunakanone grup pretest and posttest design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok Adalam penelitian ini adalah anak didik kelompok A RA MASYITHOH yang berjumlah16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.Analisis data menggunakan uji statistik one sample kolmogrov-smirnov test denganprogram SPSS for windows.Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: 1) Proses pembelajaran menggunakanalat peraga komplekz terhadap kemampuan berhitung AUD di RA MASYITHOH 1ROPOH dilakukan secara tatap muka kemudian berdoa dan menanyakan kabar, 2)Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga komplekz memberikan pengaruh ataudampak yang baik bagi siswa, dikarena mengalami peningkatan terhadap kemampuanberhitung anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian peningkatan pembelajaranmenggunakan alat peraga komplekz sebelum diterapkannya treatmen (pretes) diperolehskor tertinggi 30 dan skor terendahnya 12 dengan nilai rata-rata sebesar 30. Sedangkanhasil setelah diterapkannya treatmen (postes) diperoleh skor teringgi 40 dan skorterendahnya 25 dengan nilai rata-rata sebesar 30,6. Alat peraga komplekz sangat efektifdigunakan bagi anak dalam pembelajaran khususnya dalam berhitung penjumlahan,dikarenakan dari hasil uji t-tes terbukti hasil belajar anak Pada t table dengan derajatkebebasan 15 dan taraf signifikan 5% adalah 2,131. Harga t hitung (39,447) lebihbesar dari t table (2,131). Kesimpulannya bahwa pembelajaran menggunakan alatperaga komplekz memberikan pengaruh dan berhasil dilakukan. Berdasarkan hasilpenelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya kegiatan pembelajaranmenggunakan alat peraga komplekz dapat digunakan sebagai salah satu variasi kegiatanpembelajaran bagi guru untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Kata Kunci : Pembelajaran, Alat Peraga, Bahan Limbah, Anak Usia Dini
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Indriyani - Personal Name
|
Student ID |
2018240004
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PIAUD 6169 IND P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |