Prodi Pendidikan Agama Islam
INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA AN-NAHDLIYAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH MA'ARIF SAPURAN WONOSOBO 2021/2022
XML
Nina Lamtasari. INTERNALISASI NILAI-NILAI ASWAJA DALAMPEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII MTSMA‟ARIF SAPURAN, WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui proses Internalisasi NilaiNilaiASWAJA An-Nahdiyah Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas VIII diMTS Ma‟arif Sapuran Wonosobo; 2) untuk mengetahui bagaimana pengaruhNilai-Nilai ASWAJA An-Nahdliyah Terhadap Karakter Peserta Didik Kelas VIIIdi MTS Ma‟arif Sapuran Wonosobo; 3) untuk mengetahui faktor pendorong danpenghambat proses internalisasi nilai-nilai ASWAJA terhadap karakter pesertadidik kelas VIII di MTS Ma‟arif Sapuran Wonosobo.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, penelitimenggunakan teknik observasi non partisipan ini adalah menyesuaikan ataumembuktikan secara langsung tentang data Internalisasi Nilai-Nilai AhlusunnahWal jamaah dalam Pendidikan Karakter peserta didik kelas VIII di MTS Ma‟arifSapuran Wonosobo baik dari hasil wawancara dengan pihak sekolah, sepertikepala sekolah, guru pengampu mata pelajaran ke NU-an, dan peserta didik.Adapun sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah sumber dataprimer dan sekaligus sumber data sekunder. Data-data primer akan digali secaramendalam dari subjek penelitian yang terdiri dari guru pengampu mata pelajaranke NU-an, dan peserta didik terutama untuk kelas VIII yang akan menjadiprioritas peneliti dengan jumlah sampel sesuai dengan kebutuhan peneliti.Hasil penelitian sebagai berikut: 1) proses internalisasi dilakukan denganberbagai cara yaitu pembelajaran dalam kelas melalui pembelajaran ke NU-an,kegiatan diluar kelas seperti istighosah, tahlilan, berjanjen, melakukan sholatsunnah, sholat subuh menggunakan doa qunut, dan ekstrakulikuler IPNU IPPNU;2) pengaruh nilai-niai Aswaja an-Nahdliyah lebih focus dan menerapkan dalamkehidupan sehari-hari pada empat pilar yaitu sikap tasamuh (toleransi), I‟tidal(adil), tawasuth (moderat), tawazun (seimbang), amr ma‟ruf nahi munkar(melakukan kebaikan dan mencegah keburukan); 3) faktor pendorong dalaminternalisasi nilai-nilai Aswaja dalam pembentukan karakter peserta didik kelasVIII adalah pondok pesantren mempunyai peran dalam proses internalisasi nilainilaiAswaja dalam membentuk karakter peserta didik. Sedangkan faktorpenghambatnya yaitu adanya peserta didik minoritas selain NU, peserta didikyang bandel dan tidak mematuhi aturan, yang apabila dibiarkan akanmemperngaruhi yang lain. Selain itu buku pegangan siswa yang terbatas,disekolah siswa hanya mempunyai buku LKS tidak ada buku panduan lain sepertibuku penunjang lainnya.
Kata kunci : Internalisasi, Nilai-nilai Aswaja an-Nahdliyah, Karakter
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Nina Lamtasari - Personal Name
|
Student ID |
2018010413
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6278 NIN I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |