Prodi Pendidikan Agama Islam
SINERGITAS KINERJA GURU AKIDAH AKHLAK DAN GURU BK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA KELAS VIII DI MTS N 2 WONOSOBO
XML
Sitamala Rum „Azizah. SINERGITAS KINERJA GURU AKIDAH AKHLAKDAN GURU BK DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWAKELAS VIII A DI MTs N 2 WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas sains Al-Qur‟an JawaTengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini tujuan untuk: 1) Untuk mengetahui kinerja guru Akidah Akhlakdalam mengatasi kenakalan siswa; 2) untuk mengetahui kinerja guru BKmengatasi kenakalan siswa; 3) untuk mengetahui sinergitas kinerja guru AkidahAkhlak dan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa; 4) untuk mengetahuifaktor-faktor hambatan dan dukungan dalam sinergitas antara guru Akidah Akhlakdan guru BK dalam menghadapi kenakalan siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana penelitiannyaberjenis kualitatif deskriptif, dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknikpengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, danlembar survey atau angket. Setelah data terkumpul kemudian dianalisismenggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian, dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Kinerja guru Akidah Akhlak danguru BK dalam mengatasi kenakalan siswa di kelas VIII A. Guru Akidah Akhlakdan guru BK mempunyai cara masing- masing untuk mengatasi kenakalan siswa.Seperti halnya guru Akidah Akhlak yaitu mengatasi siswa yang kurang sopandengan cara menasehati dan untuk anak yang tidak mengerjakan tugas akanditambah dengan tugas yang lain yang harus diselesaikan dalam batar waktutertentu. Begitu juga dengan guru BK, cara mengatasi kenakalan siswa guru BKakan menasihati terlebih dahulu baru memberikan hukuman berupa membaca AlQur‟an.2)SinergitaskinerjaguruAkidahAkhlakdanguruBKdalammengatasikenakalansiswa kelas VIII A di MTsN 2 Wonosobo. Sinergitas kinerja antaraguru Akidah Akhlak dan guru BK dalam mengatasi kenakalan siswa sudah terjalisejak dahulu. Bentuk sinergitas tersebut berupa menyumbang ide-ide atau solusiuntuk mengatasi kenakalan siswa, membantu program-program sepertipenyuluhan saat jam kosong, dalam hal mengisi kelas untuk siswi yang datangbulan seperti mengisi tentang fikih wanita, membantu program pendisiplinansiswa dengan diadakannya penjadwalan. Sehingga saling membantu anat guru. 3)Faktor-faktor hambatan dan dukungan dalam sinergitas antara guru AkidahAkhlak dan guru BK dalam menghadapi kenakalan siswa kelas VIII A. Faktorhambatan dalam sinergitas kinerja guru Akidah Akhlak dan guru BK bukanberasal dari guru itu sendiri tetapi yang pertama dari walikelas yang kurangkooperatif atau terlalu sibuk/cuek dengan peserta didiknya sehingga akan sulitmengatasi kenakalan siswa tersebut. Yang kedua, faktor dari siswa itu sendiri.Anak akan sulit diatasi ketika anak tersebut menolak untuk dibina agar lebih baiklagi.
Kata kunci: Sinergitas, Kinerja guru, Kenakalan siswa
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Sitamala Rum 'Azizah - Personal Name
|
Student ID |
2018010154
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Teknologi Nasional Bandung : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6275 SIT S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |