Prodi Pendidikan Fisika
PENERAPAN PERMAINAN MONOPOLI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MATERI CAHAYA UNTUK PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI MTs MAARIF NGALIAN TAHUN AJARAN 2014/2015
XML
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIMTs Ma’arif Ngalian pada materi cahaya dengan menerapakan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran monopoli. Populasi penelitian adalah semua kelas VIII yang berjumlah 97 siswa.Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode tes, metode angket dan observasi.
Hasil analisis akhir menggunakan uji t-test dan uji N-gain. Dari hasil analisis uji t- keaktifan diperoleh hargat = 18,095. Sedangkan harga t pada taraf signifikasi 5% sebesar t = 2,000, dan pada taraf signifikan 1% harga ttabel=2,660.Dengan demikian harga t > t (18,095 > 2.000) atau 18,095 > 2.660, sehingga dapat dinyatakan bahwapembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran monopoli dapat meningkatkan keaktifan siswa. Dan hasil uji-t hasil belajar diperoleh harga thitung=6,28. Sedangkan harga ttabel=2,000 pada taraf signifikan 5%, dan pada taraf signifikan 1% ttabel=2,660. Dengan demikian harga t > t) atau (6,28 > 2.000 (6,28 > 2.660), sehingga dapat dinyatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan monopoli dapat menngkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil uji N-gain diperoleh nilai N-gain keaktifan siswa kelas eksperimen sebesar 0,535dan kelas control sebesar 0,318. Peningkatan pada kelas eksperimen termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Sedangkan peningkatan pada kelas kontrol termasuk dalam kategori peningkatan rendah. Berarti ada peningkatan keaktifan siswa yang diajar menggunakan penerapan permainan monopoli sebagai media pembelajaran.Sedangkan nilai N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,684dan kelas kontrol sebesar 0,674.Peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol termasuk dalam kategori sedang. Meskipun sama-sama dalam kategori sedang tetapi masih unggul kelas eksperimen 0,01. Dengan demikian kelas eksperimen atau kelas yang menggunakan penerapan permainan monopoli sebagai media pembelajaran terbukti lebih unggul daripada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan penerapan permainan monopoli sebagai media pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Silfah Yanuwati - Personal Name
|
Student ID |
1211055
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
84203
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Fisika
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2015 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |