Misyono
Pengarang
Dr. Nurul Mubin, M.S.I
Dosen Pembimbing 2
Dr. Ngarifin Shidiq, M.Pd.I
Dosen Pembimbing 1
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Penguji 2
Nasokah, M.Ag.,Alh.
Penguji 1
Misyono, PENTINGNYA KOMPETENSI LITERASI BAGI GURU DANPESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN (Kajian Q.S Al-‘AlaqAyat 1-5). Skripsi, Wonosobo : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan KeguruanUniversitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Literasi dapat dipahami sebagai kemampuan untuk membaca, menulis,berbicara, berpikir, dan menonton. Mengenai konsep literasi dalam Al-Qur’anmenjadi penting sebagai usaha menumbuhkan kembali semangat para guru danpeserta didik untuk melakukan iqra’ agar kompetensi literasi yang dimilikisemakin bagus dan baik.Tujuan penelitian ini diantaranya adalah : 1) Untuk mengetahui isikandungan Q.S Al-‘Alaq ayat 1-5 dalam kaitannya dengan kompetensi literasi, 2)Untuk mengetahui bagaimana pengimplementasian kompetensi literasi yang adadalam Q.S Al-‘Alaq ayat 1-5 dalam pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitianlibrary research dengan sumber data primernya berupa tafsir Al-Qur’an surat Al‘Alaqayat 1-5, dan data sekundernya berupa buku-buku literatur yang berkaitandengan judul. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan metodedokumentasi dan penelusuran data online maupun offline. Sedangkan unutukanalisisnya, penulis menggunakan metode analisis isi dan metode tafsir tahlili.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Isi kandungan Q.S Al-‘Alaq ayat1-5 yang kaitannya dengan kompetensi literasi adalah adanya konsep literasi didalamnya, 2) Bentuk implementasi kompetensi literasi yang ada dalam Q.S Al‘Alaqayat 1-5 dalam pembelajaran yaitu dengan berpedoman pada konsep yangada didalamnya serta menggunakan dan juga mengembangkannya sesuai dengankondisi dan keadaan yang ada pada saat ini.
Kata Kunci: Literasi, Al-Qur’an, Implementasi, Pembelajaran