Novita Indri Sari
Pengarang
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Dr. Moh. Sakir, M Ag
Penguji 1
Sri Jumini, S. Pd., M. Pd.
Penguji 2
Skripsi ini bertujuan: 1) mengetahui adanya peningkatan keterampilanproses sains siswa setelah mengikuti pembelajaran praktikum berbasis lingkungan.2) mengetahui ada perbedaan keterampilan proses Sains siswa denganmenggunakan pembelajaran praktikum berbasis lingkungan dengan pembelajaranberbasis video.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan TrueExperimental Design dan metode Pretest-Posttest Control Group Design. KelasVII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen. Instrumenyang digunakan dalam pengumpulan data berupa Lembar Penilaian Praktikum padapembelajaran klasifikasi materi. Teknik analisis data menggunakan ujipendahuluan uji-t. Uji persyaratan analisis uji normalitas dan uji homogenitas. Ujihipotesis dengan uji t – test dan uji lanjut menggunakan uji gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada peningkatan keterampilanproses Sains siswa dengan menggunakan pembelajaran praktikum berbasislingkungan, dengan hasil analisis uji gain kelas eksperimen n-gain sebesar 0,890berkategori tinggi, sedangkan kelas kontrol berkategori sedang dengan n-gainsebesar 0,514. 2) ada perbedaan keterampilan proses sains siswa setelah mengikutipembelajaran praktikum berbasis lingkungan, dengan Hasil uji hipotesismenunjukkan bahwa thitung (16,12) > ttabel (2,024) dengan dk 20+20-2=38 dan tarafsignifikan 5%. Sehingga H0 ditolak dan Ha yang berbunyi “terdapat perbedaanpeningkatan dalam penerapan pembelajaran praktikum berbasis lingkunganterhadap keterampilan proses Sains siswa MTs Muhammadiyah Batur Kelas VIITahun Akademik 2022 dalam pembelajaran klasifikasi materi” diterima;Kata Kunci : Praktikum, Lingkungan, Keterampilan Proses Sains,