Prodi PGMI
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI 2 GEMBLENGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017
XML
Latar belakang penelitian ini adalah adanya perkembangan globalisasi yang membombardir pertahanan moral dan agama pada generasi muda, dapat dilihat dari cara pandang hidup generasi muda sekarang ini yang terlau hedonis, apatis delain itu dapat terlihat dari cara berbusana. Hal ini membuktikan bahwa nilai karakter anak bangsa sudah mulai rapuh sehingga mudah terjerumus dalam trend budaya yang melenakan tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkan. Dalam hal ini menimbulkan banyak sekali terjadi konflik-konflik yang terjadi oleh remaja yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan psikologis remaja. Melihat kondisi lingkungan SD Negeri 2 Gemblengan wonosobo sudah terbilang sangat mendukung, sehingga peneliti ingin melakukan penelitian di SD tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas tentang proses penanaman nilai-nilai sosial dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri 2 Gemblengan, baik melalui kegiatan sekolah maupun melalui pembelajaran khususnya pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif, dengan mengambil lokasi di SD Negeri 2 Gemblengan Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulka, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dalam menanamkan konsep nilai-nilai sosial dalam pembentukan karakter siswa di SD Negeri 2 Gemblengan Wonosobo yaitu dengan menerapkan nilai-nilai sosial yang diintegrasikan dalam setiap kegiatan sekolah baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler (2) upaya dalam mengimplementasikan nilai-nilai sosial dilakukan dalam setiap kegiatan dilakukan oleh semua pihak sekolah dengan memberikan motivasi atau pengertian, percontohan atau peneladanan, kebiasaan dan hukuman. (3) faktor pendorong dengan letak sekolah yang strategis ditengah-tengah pemukiman penduduk, faktor yang menghambat kurangnya SDM yang ada di masyarakat sekitar, adanya ketidak harmonisan keluarga yang mampu mempengaruhi perkembangan emosional siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Evi Diana Tri Subekti - Personal Name
|
Student ID |
0610300-182203130031
|
Dosen Pembimbing |
Drs. H. Abdul Majid, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru MI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2017 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |