Ridwan
Pengarang
H. Ahmad Zudhi, M.Ag.
Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I
Penguji 1
Muhtar Sofwan Hidayat, M.Pd.I.
Penguji 2
Ridwan NIM : 2015010332. Pengaruh Keteladanan Guru Terhadap KarakterReligius Pada Siswa Kelas V Di SDN 01 Pandanarum Kecamatan PandanarumKabupaten Banjarnegara Tahun pelajaran 2021/2022Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahuibagaimana keteladanan guru PAI pada siswa kelas V di SDN 01 PandanarumKecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara Tahun pelajaran 2021/2022. (2)Untuk mengetahui bagaimanakah karakter religius siswa kelas V di SDN 01Pandanarum Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara Tahun pelajaran2021/2022 . (3) Untuk mengetahui sejauhmanakah pengaruh keteladanan guruPAI terhadap karakter religius pada siswa kelas V di SDN 01 PandanarumKecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara Tahun pelajaran 2021/2022.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulandata dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara dan metodedokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa, kelas V guru dan kepalaselolah di SDN 01 Pandanarum Kecamatan Pandanarum Kabupaten Banjarnegara.Hasil penelitian ini adalah; (1) Dari hasil perhitungan angket rata-ratavariabel keteladanan guru PAI sebesar 44,10 masuk dalam kategori cukup tinggi.(2) Dari hasil perhitungan angket rata-rata variabel karakter religius pada siswakelas V di SDN 01 Pandanarum Banjarnegara sebesar 54,36 masuk katagoricukup tinggi. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara keteladananguru terhadap karakter religius siswa kelas V SDN 01 Pandanarum Banjarnegaramaka digunakan uji regresi. Berdasarkan hasil analisis di atas diperolehpersamaan regresinya adalah Y = 40,03 +0,32 x. Hasil tersebut menunjukkanadanya pengaruh positif antara antara keteladanan guru dengan karakter religiuspada siswa kelas V di SDN 01 Pandanarum Banjarnegara. Dengan demikiandapat disimpulkan bahwa Hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan bahwa ”Adapengaruh yang positif dan signifikan antara keteladanan guru dengankarakterreligius pada siswa kelas V di SDN 01 Pandanarum Banjarnegara.”. SedangkanHipotesis nol (Ho) yang menyatakan ”Tidak Ada pengaruh yang positif dansignifikan antara keteladanan guru dengan karakter religius pada siswa kelas V diSDN 01 Pandanarum Banjarnegara. ditolak.
Kata Kunci : Keteladanan Guru, Karakter religius siswa