Teti Alifiyah
Pengarang
Muhammad Saefullah, M.Pd
Dosen Pembimbing 2
Ahmad Zudhi, M.Ag.
Dosen Pembimbing 1
Fatkhurrohman, S.Ag.,M.Pd
Penguji 1
Mukromin, Alh, M.Ag
Penguji 2
Teti Alfiyah. IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN TUTORSEBAYA DALAM PENGUASAAN MEMBACA AL-QUR’AN PADAPELAJARAN PAI KELAS X DI SMK NEGERI JUMOTEMANGGUNG. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam.Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’anJawa Tengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapanmetode tutor sebaya dalam pembelajaran membaca al-Qur’an kelas X di SMKNegeri Jumo tahun 2021, 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktorpenghambat dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di SMK Negeri Jumo tahun2021, 3) Untuk mengetahui hasil penguasaan membaca al-Qur’an dengan metodetutor sebaya.Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sedangkan jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field iresearch). Teknikpengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes.Hasil penelitian ini dengan metode yang digunakan, menunjukkan bahwaimplementasi metode tutor sebaya kelas X di SMK Negeri Jumo Temanggungsudah efektif, hal ini dapat dari antusias siswa dalam mengikuti pembelajarantersebut dan nilai tes membaca Al-Qur’an kelas X TKR 4 yang digambarkan dalamtercapainya nilai semua siswa diatas KKM yang ada yaitu 70, artinya siswa sudahtuntas 100%. Berdasarkan ukuran yang dirumuskan peneliti tersebut, terlihatadanya kemampuan penguasaan dalam membaca Al-Qur’an siswa-siswi SMKNegeri Jumo melalui penerapan metode tutor sebaya.
Kata kunci: Tutor Sebaya, Penguasaan Membaca Al-Qur’an