Prodi Pendidikan Agama Islam
NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TENTANG SIKAP SABAR PADA KISAH NABI YUSUF DALAM AL-QUR'AN (KAJIAN Q.S. YUSUF AYAT 90)
XML
Anisatun Novia Ariqoh, NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTERTENTANG SIKAP SABAR PADA KISAH NABI YUSUF DALAM ALQUR’AN (KAJIAN Q.S. YUSUF AYAT 90) Prodi/Fakultas: Pendidikan Agama Islam /FITK Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022. Skripsi ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui konsep pendidikankarakter tentang sikap sabar dalam Islam, 2) Untuk mengetahui konsep pendidikankarakter tentang sikap sabar yang terkandung dalam Q.S. Yusuf ayat 90, 3) Untukmengetahui implementasi pembentukan karakter sikap sabar ysng terksndungdalam kisah Nabi Yusuf pada masa sekarang.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat library research. Teknik pengumpulan data menggunakanmetode dokumentasi. Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primerdan data sekunder (buku-buku tafsir Al-Qur’an, referensi yang berkaitan denganpendidikan karakter, sabar, kisah nabi Yusuf, skripsi terdahulu, artikel-artikel,jurnal, dan situs internet). Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisisisi, analisis wacana dan analisis tahlili.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Al-Qur’an surat Yusuf ayat 90menunjukkan bahwa adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepadawarga sekolah, yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran dan kemauan, dantindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, sedangakan sabar adalah keadaanjiwa yang kokoh, stabil dan konsekuen dalam pendirian. Jiwanya tidaktergoyahkan, pendiriannya tidak berubah bagaimanapun berat tantangan yangdihadapi, dan kisah nabi Yusuf adalah seorang penyabar dalam menghadapiberbagai ujian dan musibah. Nabi Yusuf seorang yang berbakti kepada Allah danayahnya, menyayangi saudaranya, dan selalu menjaga diri dari pebuatan mungkar,serta selalu menolong orang-orang yang membutuhkan pertolongan. Islam sendiritelah diajarkan mengenai karakter sikap sabar, dengan menanamkan karakter sabartersebut melalui pendidikan di lembaga formal maupun non formal dalampengajaran dan pengembangan karakter sabar tersebut melalui pendekatan yangintens sehingga menimbulkan kekuatan batin dari hati yang menggerakkanseseorang tersebut untuk menerapkan karakter sabar yang telah diajarkan.Penerapan karakter sabar ini sebagai kontrol diri dari manusia agar tidak salahlangkah dalam mengambil tindakan yang akan dilakukannya.
Kata Kunci : pendidikan karakter, sabar, kisah nabi Yusuf
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Anisatun Novia Ariqoh - Personal Name
|
Student ID |
2018010053
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Robingun Suyud El Syam, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6355 ANI N
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |