Prodi Pendidikan Agama Islam
PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS IX AKUNTANSI 1 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN TAKHASSUS AL-QUR'AN WONOSOBO
XML
Khodijatul Fitriyah. PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMAISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS XIAKUNTANSI 1 DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUANTAKHASSUS AL-QUR’AN WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Sains Al-Qur’an JawaTengah di Wonosobo, 2022.Virus covid-19 yang telah menyebar di negara Indonesia berdampak padasemua bidang, salah satunya bidang pendidikan yang menjadi terhambat dalampelaksanaan pembelajaran, karena virus covid-19 mudah sekali menular melaluikontak fisik. Dengan adanya virus covid-19 ini para peserta didik sulitmendapatkan hak nya sebagai pelajar seperti biasanya. Dengan adanyapermasalahan ini maka peneliti mengambil penelitian pembelajaran daringpendidikan agama islam dalam pembentukan karakter siswa dengan tujuan untukmenambah wawasan dan penelitian ini juga dapat menjadi acuan terkait penelitianyang diambil oleh peneliti.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajarandaring Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas XIAkuntansi 1 di Sekolah menengah Kejuruan Takhassus Al-Qur’an Wonosobo.Adapun penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatandeskriptif, teknik pengumpulan data observasi yang digunakan untuk mengamatipembelajaran daring dalam mata pelajaran pendidikan agama islam dalampembentukan karakter siswa, wawancara digunakan untuk mewawancarai kepalasekolah, guru, dan siswa, dan dokumentasi sebagai bukti catatan data yang diambil.Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembentukan karakter siswadengan menggunakan metode pembelajaran berbasis daring harus ditetapkan dandirapatkan dengan baik agar proses Pembelajaran dan program tercapai denganbaik. Teknik pembelajarannya menggunakan teknik Pembelajaran daring karenasudah ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus covid-19 yangsudah banyak terjadi. Pembelajaran daring dilakukan melalui beberapa aplikasiseperti; Whatsapp, link yang disediakan sekolah, Google-meet, dan zoom. Faktorpendukung dalam pembentukan karakter siswa dalam pembelajaran daring ialahadanya kerja sama antara para guru dengan orang tua agar dapat tercapai denganbaik dan dalam Pembelajaran pada masa pandemic juga memiliki faktorpenghambat dalam pembentukan karakter siswa seperti kurang perhatiannya orangtua kepada anak didik, sehingga tidak ada yang memantau.
Kata kunci: Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam, Karakter
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Khodijatul Fitriyah - Personal Name
|
Student ID |
2018010076
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6311 KHO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |