Prodi Pendidikan Agama Islam
STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR AGAMA SISWA SMP N 2 KRETEK WONOSOBO
XML
Ayuni Dwi Astuti. STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMAISLAM DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR AGAMA SISWA SMP N 2KERTEK WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan,Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui strategi pembelajaran guru PendidikanAgama Islam dalam proses belajar mengajar agama di SMP N 2 KERTEK, dan untukmengetahui karakeristik guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar; 2) untukmengetahui faktor pendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalamproses belajar mengajar agama di SMP N 2 KERTEK.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenis penelitiannyabersifat liberary research. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi.Kemudian, sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder (buku-bukutentang strategi pembelajaran, referensi yang berkaitan dengan proses belajar mengajar, strategiguru, skripsi terdahulu, artkel-artikel, jurnal, dan situs internet). Adapun teknik analisis yangdigunakan adalah teknik induktif, dimana data yang diperoleh dari data empirik lewat observasiterjun ke lapangan untuk menuju suatu objek yang akan di telitiHasil penelitian menunjukan bahwa: 1) strategi guru Pendidikan Agama Islam dalamproses belajar mengajar agama di SMP N 2 KERTEK antara lain dengan menggunakankebijakan pemerintah di masa pandemi, melakukan pembelajaran secara daring/onlinemenggunakan pesan WhatsApp grub dan goggle classmeet. Sementara masa pandemi sudahmenurun, maka pembelajaran dilakukan secara daring dan luring dimana proses belajar mengajardi bagi menjadi sesi 1 dan sesi 2 agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar danefisien dengan pemberian waktu yang singkat yaitu 2 x 40 menit tiap sesi. Namun pada awalbulan Juni 2022 diterapkan pembelajaran tatap muka 100% yang artinya peserta didikmelaksanakan pembelajaran dalam satu sesi. 2) faktor pendukung dan penghambat guruPendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar agama di SMP N 2 KERTEK adalahadanya fasilitas media pembelajaran yang mendukung, namun di sisi lain ada faktor penghambatdalam proses pembelajaran yaitu kurangnya peran peserta didik yang aktif selama mengikutipembelajaran dikarenakan kurang komunikatif, kurangnya penguasaan model pembelajaranyang variatif, kurangnya pemahaman terhadap variasai model pembelajaran secara daring,kurangnya komunikatif dengan peserta didik karena faktor sarana dan prasarana, kurangnyameluasi dan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, akibat tidak intensif dalam bertemudengan guru, kurangnya peran secara aktif peserta didik, kurangnya penguasaan modelpembelajaran, kurangnya pemahaman terhadap model pembelajaran, kurangnya komunikatifdengan peserta didik, dan yang terakhir adalah penggunaan alokasi waktu yang kurang selektif.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Guru, Proses Belajar Mengajar Agama
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ayuni Dwi Astuti - Personal Name
|
Student ID |
2018010036
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6379 AYU S
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |