Prodi PGMI
PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MI MA'ARIF KLESMAN TAHUN AJARAN 2021/2022
XML
Permasalahan dalam penelitian ini adalah ditemukan sebagian pesera didik lambat dalam membaca, membaca masih terbata-bata, dan belum mengenal bentuk huruf, sedangkan membaca adalah kemampuan yang wajib dimiliki setiap siswa, agar ketika proses belajar dapat berjalan dengan baik. Kemampuan membaca seharusnya mendapatkan perhatian khusus dan pembelajaran khusus ketika belajar. Agar dapat belajar dengan baik, maka harus ada teknik atau cara yang efektif dan semangat untuk memancing siswa lebih tertarik dalam belajar membaca, salah satunya dengan cara menggunakan media Flashcard, dimana media ini memiliki arti kartu yang memiliki gambar tulisan yang dapat dibuat sebagai permainan kartu sehingga sangat memungkingkan siswa tertarik dalam memahami materi yang disampaikan. Skripsi ini bertujuan untuk 1) mengimplementasi penggunaan media Flashcard pada mata pelajaran Bahasa Indonesia 2) untuk mengetahui perbedaan hasil membaca terkait penggunaan sebelum dan sesudah penggunaan media Flashcard 3) untuk mengetahui peningkatan hasil membaca setelah penggunaan media Flashcard. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen, desain penelitian ini pre-eksperimental design dengan menggunakan one grup pretest and posttest design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Untuk instrument penelitian saya menggunakan RPP, buku paket serta soal-soal pretest dan posttest. Kemudian untuk analisis data menggunakan rumus chi-square table dan chi kuadrat serta uji t-test dan uji ngain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pembelajaran dengan metode media Flashcard dilakukan secara tatap muka di dalam kelas dengan jumlah siswa 36. 2) Dengan menggunakan media Flashcard pembelajaran ini sangat memberikan dampak positif bagi siswa, dikarenakan dari hasil uji t-test terbukti hasil belajar siswa sebesar 11, 184 dengan tarif signifikasi sebesar 5%. 3) Peningkatan hasil belajar membaca dapat dibuktikan dengan uji n-gain yang menunjukkan hasil sebesar 0,64 dengan taraf signifikasi 5%.
Kata kunci : Media, Flashcard, hasil belajar membaca
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Khofifah Indah Parawansa - Personal Name
|
Student ID |
2018030063
|
Dosen Pembimbing |
Dr.Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setya Mulyani, S.Pd., M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi | |
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi | |
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PGMI 6414 KHO P
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |