Prodi Pendidikan Agama Islam
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN PENERAPAN METODE IQRA' DI TPQ AT-TAUBA DESA SINDUAJI KECAMATAN PANDANARUM KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2022
XML
Defi Oktafiani. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ALQUR’ANDENGAN PENERAPAN METODE IQRA’ DI TPQ ATTAUBAHDESA SINDUAJI KECAMATAN PANDANARUMKABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2022. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur‟an JawaTengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk : 1) untuk mengetahui penerapan metode Iqra‟dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an kepada santri; 2) untukmengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam penerapan belajar membacaAl-Qur‟an dengan menggunakan metode Iqra‟; 3) untuk mengetahui faktor-faktoryang mempengaruhi penerapan metode Iqra‟ dalam meningkatkan kemampuanmembaca Al-Qur‟an kepada santri.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknikpengumpulan data metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian,sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Teknik analisismenggunakan teknik analisis data induktif untuk menangkap fakta-fakta tertentudan menganalisisnya sampai didapatkan solusi dari suatu masalah. Analisis dataadalah proses menemukan dan menyusun data secara sistematis dari bahan-bahanseperti wawancara dan catatan lapangan, sehingga lebih mudah dipahami dandibagikan hasilnya kepada orang lain.Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Iqra‟ dalamBelajar Membaca Al-Qur‟an Di TPQ At-Taubah: 1) Sudah dilakukan dengan baikdan sangat maksimal, karena kegiatan pembelajaran di TPQ At-Taubah memilikikedisiplinan dan kreatifitas. Dengan melaksanakan berbagai kegiatan darikegiatan awal, inti sampai penutup sehingga santri lebih semangat dalam belajarmengaji. 2) Faktor yang mempengaruhi bahwa pendidikan pengajar di TPQ AtTaubahcukup baik, dengan latar belakang ustadz lulusan S1 PAI dan ustadzahalumni MA memiliki pengalaman mengajar yang lebih tentunya dapat membacadan mengajarkan Al-Qur‟an dengan baik, sehingga santri bisa dengan lancarmembaca Al-Qur‟an sesuai dengan tuntunan. 3) Upaya yang dilakukan olehpengajar dapat mengatasi santri yang berangkatnya terlambat dan dapat mengatasikekurangan tenaga pengajar di TPQ dengan melatih santrinya yang sudah lancarmembaca untuk membantu membimbing santri lain dalam mengaji.
Kata Kunci : TPQ, Iqra‟, Al-Qur‟an, Mengaji
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Defi Oktafiani - Personal Name
|
Student ID |
2018010467
|
Dosen Pembimbing |
Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh.,M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Ali Mu'tafi., S.H.I., M.S.I. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Institut Teknologi Nasional Bandung : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6287 DEF U
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |