Prodi PGMI
KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN TRUE OR FALSE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PEMBELAJARAN IPS KELAS III MI MA’ARIF TEGALSARI KECAMATAN GARUNG KABUPATEN WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
XML
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan metode pembelajaran True or False dalam pembelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan siswa kelas III MI Ma’arif Tegalsari. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas III MI Ma’arif Tegalsari setelah menggunakan metode True Or False, dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPS kelas III MI Ma’arif Tegalsari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental design dengan Intact Group Comparasion. Siswa dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kontrol, kedua kelompok diberi pretest dan postest. Siswa eksperimen diberi pembelajaran dengan metode True or False, sedngkn kelompok kontrol diberi pembelajaran dengan metode konvensional. Populasinya adalah siswa kelas III MI Ma’arif Tegalsari dengan jumlah 25 siswa, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas III yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen berjumlah 12 dan kelas kontrol berjumlah 13. Teknik sampling menggunakan nonprobability sampling.
Hasil analisis uji hipotesis menunjukan thitung =2,8 > ttabel =2,0 dengan taraf signifikan 5%. Hal tersebut menunjukan adanya peningkatan hasil belajar IPS. Presentase peningkatan hasil belajar sebesar 60,3% dengan
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Siti Hajaroh - Personal Name
|
Student ID |
2014030019
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru MI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2018 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |