Prodi Pendidikan Agama Islam
IMPLEMENTASI MODEL MENGHAFAL QUANTUM TAHFIDZ AL-QUR'AN SANTRI PONDOK PESANTREN TAHFIDZUL QUR'AN AL-ASY'ARIYYAH 6 KALIERANG SELOMERTO WONOSOBO
XML
Aghisna Rizqia Nafiah, 2018010162: Implementasi Model MenghafalQuantum Tahfidz Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren TahfidzulQur’an Al-A’y'ariyyah 6 Kalierang Selomerto Wonosobo. SkripsiProgram Studi S.1 Pendidikan Agama Islam. Universitas Sains AlQur’anJawa Tengah di Wonosobo.Skripsi ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui implementasi model menghafalquantum tahfidz Al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Asy’ariyyah 6 Kalierang.2)Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung implementasi modelmenghafal quantum tahfidz Al-Qur’an santri pondok pesantren Al-Asy’ariyyah 6Kalierang.Quantum tahfidz Al-Qur’an adalah mencakup petunjuk spesifik untukmenciptakan lingkungan menghafal Al-qur’an yang efektif, merancang kurikulum,menyampaikan isi dan memudahkan proses menghafal. Bahwa menghafal AlQur’antidak mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang mampu melakukannya.karena strategi dan metode yang kurang tepat, hasilnya juga kurang memuaskan.Maka munculah Model menghafal Quantum Tahfidz Al-Qur’an di PondokPesantren Al-Asy’ariyyah 6 Kalierang merupakan model menghafal bawahandari pondok Al-Asy’ariyyah pusat. Penelitian yang di lakukan adalah penelitianberbasis deskriptip menggambarkan suatu proses yang terjadi dilapanganpenelitian yang berjenis kualitatif. Sumber data yang digunakan penelitian berasaldari pengasuh pondok Al-Asy’ariyyah 6, para pengampu, para pengurus, dansantri tahfidz Al-Asy’ariyyah 6. Pengumpulan data dengan wawancara observasi,dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian data dianalisis dengan reduksidata, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian yang dilakukan penulis menunjukan bahwa 1) modelmenghafal Quantum Tahfidz Al-Qur’an mempermudah hafalan santri, santritidak merasa keberatan, meningkatkan antusias santri dalam memajukan programtahfidz yang sedang berkembang, menjadi minat para santri dalam menghafal AlQur’ankhusunya bagi anak yang menghafal sambil sekolah. 2) Faktor pendukungsalah satunya anak senang dalam mengaplikasikan model menghafal QTA dalammenghafal agar tidak selalu monoton,. Sedangkan faktor penghambat salahsatunya kurangnya kreatifitas tinggi pada anak dalam membikin simbol ataurumusan dalam menghafal.
Kata Kunci: Quantum Tahfidz Al-Qur’an, Hafalan, Mudah, Cepat
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Aghisna Rizqia Nafiah - Personal Name
|
Student ID |
2018010162
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6293 AGH I
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |