PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII A SMP ISLAM SUDIRMAN BRUNO KAB. PURWOREJO

Detail Cantuman

Prodi Pendidikan Agama Islam

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VII A SMP ISLAM SUDIRMAN BRUNO KAB. PURWOREJO

XML

Sri Wahyu Lutfi Ramadhani (2018010126). Penggunaan Model PembelajaranKooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Motivasi Dan HasilBelajar PAI Siswa Kelas VII A SMP Islam Sudirman Bruno Kab.Purworejo, Skripsi, Purworejo: Pendidikan Agama Islam Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah diWonosobo, 2022.Penelitian ini dilatar belakangi oleh: (1)Tenaga pendidik masihmenggunakan model konvensional (2) Hasil belajar siswa yang rendah (3)Pembelajaran yang membosankan sehingga siswa kurang antusias dalam prosespembelajaran. 4) Siswa kurang aktif dan cenderung pasif (5) Sebagian siswakurang memeperhatikan dalam pembelajaran (6) Kurangnya kreativitas siswa (7)Pembelajaran terkesan kaku dan tidak kondusif sehingga anak menjadipasif.Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode STAD dapatmeningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran sholatfardhu pada siswa kelas VII A SMP Islam Sudirman Bruno.Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental. Jenis penelitian initermasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswakelas VII A SMP Islam Sudirman Bruno yang berjumlah 27 siswa. Teknikpengumpulan data ini menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penerapan metode pembelaarankooperatif tipe STAD dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada siswakelas VII A SMP Islam Sudirman Bruno meliputi beberapa proses, meliputtahapan perencanaan, tahap pelaksanaan eksperimen dan penutup atau evaluasi. (2)hasil belajar siswa kelas VII Amengalami peningkatan setelah menggunakanmodel pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian yang dilaksanakan dalambeberapa siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan/tindakan,observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari siklus I dan siklus II, setiap siklusdilaksanakan dalam dua pertemuan. Siklus II merupakan langkah yang dilakukandalam memperbaiki permasalahan yang muncul pada siklus I, sehingga diperolehhasil yang terus meningkat pada setiap pertemuan yang dilaksankan sehinggamencapai nilai target yang diharapkan. Hasil penelitian pada siklus I dapat dilihatpada peningkatan presentase yang didapat pada setiap pertemuan. Siswa yangmemenuhi KKM atau nilai tuntas sebanyak 25 anak atau 92%. Berdasarkan hasiltersebut diketahui bahwa pada siklus I masih belum mencapai indikatorkeberhasilan yang diinginkan oleh peneliti sehingga dilanjutkan pada siklus II.Data yang diperoleh pada siklus II ini siswa yang mendapat kriteria sangat baikdan memenuhi nilai KKM atau nilai tuntas sebanyak 27 siswa atau 100%.Peningkatan yang terjadi pada siklus II ini telah mencapai indikator keberhasilansehingga dapat diputuskan untuk tidak melanjutkan penelitian siklus berikutnya.

Kata kunci: Model Student Teams Achievement Division (STAD), motivasipeningkatan hasil belajar.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Student ID
2018010126
Dosen Pembimbing
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Dosen Pembimbing 1
Firdaus, M.Pd - - Dosen Pembimbing 2
Penguji
Kode Prodi PDDIKTI
86208
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Agama Islam
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
FTIK-PAI 6297 SRI P
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail