Prodi PGMI
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MENGGUNAKAN METODE EDUTAINMENT DENGAN MEDIA SIRKUIT BALAP PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI TOKOH-TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA DI MI MA'ARIF MIFTAHUSSA'ADAH GUNUNG TAWANG TAHUN 2021/2022
XML
Salah satu kendala yang terjadi di Madrasah Ibtidaiyah adalah saat penyampaian materi pelajaran. Khususnya kurang partisipasi guru dalam merancang dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik. Untuk itu penting merancang dan menerapkan metode pembelajaran untuk peserta didik supaya mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Adapun tujuan dari penelitian ini yang pertama mengetahui penerapan metode edutainment pada pembelajaran IPS materi Tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia kelas V MI Ma‟arif Miftahussa‟adah Gunung Tawang yang kedua untuk mengetahui penggunaan metode edutainment dengan media sirkuit balap dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas V MI Ma‟arif Miftahussa‟adah Gunung Tawang pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode dokumentasi, observasi dan tes. Setelah data terkumpul kemudian dihitung menggunakan Mrs Excel, dan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1)Penerapan metode pembelajaran edutainment dengan media sirkuit balap pada mata pelajaran IPS materi pokok Tokoh-tokoh Penting dalam Peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di MI Ma‟arif Miftahussa‟addah Gunung Tawang dilaksanakan dengan 2 siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Penerapannya diawali dengan pembagian pemain yang mendapatkan urutan pertama bermain dahulu, pemain pertama menjalankan mobilnya menuju gambar tokoh-tokoh proklamasi kemerdekaan indonesia. Akan tetapi, ketika pemain lupa nama tokoh proklamasi yang ia dapatkan, pemain dapat berhenti ke bengkel ingatan. Namun, pemain tidak boleh menjalankan mobilnya. (Bengkel ingatan digunakan Max 3 kali), setelah selesai, dilanjutkan pemain kedua dan selanjutnya sesuai dengan urutan, bila tidak berhenti pada titik mobil yang terdapat mobil pemain lain maka mobil pemain pertama kali di sirkuit tersebut tertabrak dan terjatuh maka harus mengulang kembali ke start, dan pemain yang memenangkan permainan yang menjalankan mobilnya ke garis finis. (2)Penerapan metode edutainment dengan media sirkuit balap dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V di MI Ma‟arif Miftahussa‟addah Gunung Tawang, sebelum diterapkan metode edutainment dengan media sirkuit balap mempunyai rata-rata sebesar 50,2 dengan ketuntasan klasikal 21,6%. Setelah diterapkan metode edutainment dengan media sirkuit balap rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 59,1 dengan ketuntasan klasikal sebesar 35,1 pada siklus 1, dan mendapatkan rata-rata hasil belajar 79,1. Kata kunci: Hasil belajar , Metode Edutainment, Media Sirkuit Balap.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ayuni Nur Aieni - Personal Name
|
Student ID |
2018030006
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PGMI 6418 AYU M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |