Prodi PIAUD
METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR MELALUI BERMAIN PERAN PENJUAL DAN PEMBELI SAYURAN UNTUK MENINGKATAN INTERAKSI ANAK DI TK PERTIWI NGADIKERSO TAHUN AJARAN 2022/2023
XML
Rendahnya kemampuan interaksi pada anak disebabkan oleh metode yangkurang menstimulasi aspek perkembangan anak. Metode yang digunakan berupa metodepemberian tugas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui penerapan metodepembelajaran outdoor melalui bermain peran penjual dan pembeli sayuran dalammeningkatkan interaksi anak di TK Pertiwi Ngadikerso. 2) Mengetahui peningkataninteraksi anak dalam metode pembelajaran outdoor melalui bermain peran penjual danpembeli sayuran di TK Pertiwi Ngadikerso. 3) Mengetahui faktor pendukung danpenghambat dalam penerapan metode pembelajaran outdoor melalui bermain peranpenjual dan pembeli sayuran untuk meningkatkan interaksi anak di TK PertiwiNgadikerso.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) atau classroom action research, model penelitian yang dikemukakan oleh KurtLewin, karena memperbaiki proses pembelajaran di kelasnya sendiri. Pelaksanaanpenelitian melalui 2 siklus yaitu perencanaan perbaikan, melaksanakan tindakan,mengamati dan melakukan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 2 kali pertemuan dan 2 rpphmengenai mentode pembelajran outdoor melalui bermain peran penjual dan pembelisayuran. Subjek penelitian anak kelompok B yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 8 anaklaki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penelitiyaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Intrumen penelitian berupa lembarwawancara untuk kepala sekolah, guru dan anak kelompok B, lembar observasi dalambentuk ceklis penilaian anak serta studi dokumentasi dalam bentuk foto kegiatan bermainperan sebagai penjual dan pembeli sayuran. Analisis data dengan mengelompokkan data,menyajikan data dan membuat kesimpulan menggunakan rumus presentase.Hasil penelitian menjelaskan tentang penerapan metode pembelajaran outdoormelalui bermain peran penjual dan pembeli sayuran menggunakan 4 tahapan yaituperencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan terjadipeningkatan interaksi pada anak. Terlihat presentase pra-siklus 39%, siklus I pertemuan 1dan pertemuan 2 55%, siklus II mengalami kenaikan dari pertemuan 1 yaitu 75%meningkat menjadi 82% pada pertemuan 2, yang artinya motode pembelajaran outdoormelalui bermain peran penjual dan pembeli sayuran memiliki efeftivitas dalammeningkatkan interaksi anak kelompok B di TK Pertiwi Ngadikerso.
Kata Kunci: Metode pembelajaran outdoor, Bermain peran, Interaksi anak
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Barniyah - Personal Name
|
Student ID |
2018240119
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PIAUD 6450 BAR M
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |