Prodi PGMI
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IV MI MA’ARIF BUDILUHUR KERTEK TAHUN PELAJARAN 2017/2018
XML
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe take and give materi kitab-kitab Allah Kelas IV, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Akidah Akhlak materi kitab-kitab Allah dengan model pembelajaran kooperatif tipe take and give, (3) Adakah perbedaan hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dengan yang tidak menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe take and give.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan metode kuantitatif dan desain pretest-postest Control Group Design, yang menjadi populasi yaitu seluruh siswa kelas IV dan sampel dalam penelitian ini yaitu kelas IV A sebagai kelas kontrol dan Kelas IV C sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes sebagai teknik utama yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Tehnik pendukung menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara.
Dari hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji gain. Dengan uji hipotesis yang diperoleh thitung sebesar 3,69. Selanjutnya thitung tersebut dibandingkan dengan ttabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 31 + 29 – 2 = 58. Dengan dk 58 dan taraf kesalahan 5%, maka ttabel = 1,645. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa thitung > ttabel (3,69 > 1,645), dan hasil pengujian genitas yaitu untuk kelas eksperimen sebesar 0,56 dan untuk kelas kontrol sebesar 0,22. Artinya nilai hasil belajar Akidah Akhlak menggunakan model pembelajaraan kooperatif tipe take and give lebih baik dibandingkan dengan metode konvensioanl, dan terdapat peningkatan hasil belajar Akidah Akhlak dengan model pembelajaraan kooperatif tipe take and give. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya presentase rata-rata hasil belajar Akhidah Akhlak yaitu sebesar 37,7%
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rizky Amalia - Personal Name
|
Student ID |
2014030004
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru MI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2018 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |