Nur Atikoh
Pengarang
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Nasokah, Alh., M.Ag.
Dosen Pembimbing 1
Maryono, M.Pd
Penguji 1
Sri Haryanto Alfandi, M.Pd.I
Penguji 2
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan Program PPL pada Mahasiswa Reguler Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui keberhasilan menjadi guru yang Transformatif, Humanis dan Qur’ani pada Mahasiswa Reguler Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an tahun ajaran 2017/2018. (3)Untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara pelaksanaan Program PPL dengan keberhasilan menjadi guru yang Transformatif, Humanis dan Qur’ani pada Mahasiswa Reguler Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an tahun ajaran 2017/2018.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data menggunakan statistik inferensial yaitu teknik statistik yang digunakan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket.
Hasil penelitian menunjukan (1) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan program PPL dengan keberhasilan menjadi guru yang Transformatif pada mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an tahun ajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi (rxy1) sebesar 0,480 > rtabel 0,148, dan thitung 7,262 > ttabel 1,973. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan program PPL dengan keberhasilan menjadi guru yang Humanis pada mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an tahun ajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi (rxy2) sebesar 0,549 > rtabel 0,148, dan thitung 8,724> ttabel 1,973. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan program PPL dengan keberhasilan menjadi guru yang Qur’ani pada mahasiswa reguler Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur’an tahun ajaran 2017/2018 dengan koefisien korelasi (rxy3) sebesar 0,385 > rtabel 0,148, dan thitung 5,538 > ttabel 1,973.