Prodi PGMI
PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS V MI 23 NGADIWARNO KABUPATEN KENDAL TAHUN 2021/2022
XML
Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsika bagaimana peran guru, upaya dan factor-faktor pendukung dalam meningkatkan aktifitas pembelajaran tematik siswa kelas V MI NU 23 Ngadiwarno Kabupaten Kendal tahun 2021/2022 Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dalam penelitian ini digunakan dalam situasi alamiah akan tetapi didahului semacam campur tangan dari pihak lain, campur tangan ini dimaksud agar kejadian yang dimaksud peneliti bisa segera diamati. Dengan hal tersebut terjadi semacam control atau kendali persial terhadap keaadan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) Peran guru pada pembelajaran tematik adalah memberikan materi dan tugas melalui pembelajaran langsung di kelas, selain pembelajaran di kelas secara langsung atau tatap muka guru juga memberikan tugas dan materi yang dikirim di media group Whats App (WA) 2) Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan aktivitas pembelajaran tematik salah satunya yaitu menambah aktifitas pembelajaran pada pelajaran tematik seperti belajar di luar kelas, menggunakan media belajar, dll dan juga meningkatkan aktifitas pembelajaran tematik yaitu dengan adanya siswa dan guru yang saling aktif sehingga timbulnya keterkaitan antara siswa dengan guru dimana guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai pelajar 3) Faktor penghambat dalam pembelajaran salah satunya media pendukung, sehingga pemebelajaran di kelas sangat monoton yang menyebabkan bosan pada siswa. Kata Kunci: Pembelajaran tematik, peran guru dalam pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hesti Wahyuningsih - Personal Name
|
Student ID |
2018030037
|
Dosen Pembimbing |
Dr. Sri Haryanto, M.Pd.I - - Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd. - - Dosen Pembimbing 2 |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PGMI 6509 HES p
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |