Prodi PGMI
PENGARUH GAYA BELAJAR VAK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 DI MI COKROMINOTO SAWAL SIGALUH BANJARNEGARA TAHUN 2021/2022
XML
Gaya belajar sangat penting bagi peserta didik. Peserta didik yang menggunakan gaya belajar yang tepat maka akan memudahkan dirinya dalam menyerap materi atau informasi yang didapat sehingga akan menumbuhkan minat belajar. Tujuan pada penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gaya belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) yang dimiliki siswa; (2) untuk mengetahui pengaruh gaya belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) terhadap minat belajar. Penelitian ini termasuk jenis kuantitatif korelasi, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi untuk mengetahui kondisi objek penelitian, wawancara untuk mendapatkan penguatan data berupa gaya belajar dan minat belajar yang dimiliki siswa, angket untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap minat belajar, dan dokumentasi untuk memberikan gambaran secara konkret mengenai lingkungan sekolah. Pengambilan sampel menggunakan total sampling yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan jumlah sampel sebanyak 14 orang. Data dianalisis menggunakan korelasi Product Moment dengan syarat data yang diuji harus homogen, berdistribusi normal, dan bersifat linier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) gaya belajar VAK (visual, auditorial, kinestetik) yang dimiliki siswa kelas 4 di MI Cokroaminoto Sawal dari 13 siswa diperoleh siswa yang memiliki gaya belajar visual sebanyak 6 siswa (46,2%), siswa yang memiliki gaya belajar auditorial adalah 3 siswa (23%), dan siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik adalah 4 siswa (30,8%), (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya belajar VAK (visual, auditorial, kinestetik) terhadap minat belajar siswa kelas 4 di MI Cokroaminoto Sawal Sigaluh Banjarnegara Tahun Pelajaran 2021/2022. Dilihat dari hasil analisis data dan pengolahan data yang diperoleh hasil uji normalitas nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,200 > 0,05 dan uji homogenitas nilai signifikansi > 0,05 yaitu 0,706 > 0,05 kemudian uji korelasi product moment , yaitu 0,565 > 0,553. Hal ini menunjukkan ditolak dan diterima jadi dengan memperhatikan gaya belajar yang dimiliki siswa dapat menimbulkan perasaan senang terhadap pembelajaran, adanya ketertarikan dan keterlibatan siswa pada pembelajaran.
Kata Kunci : Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik), Minat Belajar,
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Riski Oktavia - Personal Name
|
Student ID |
2018030014
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
PGMI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PGMI 6506 RIS p
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |