Prodi PGMI
IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS II MI MA’ARIF WONOKROMO MOJOTENGAH WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
XML
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II MI Ma’arif Wonokromo Mojotengah Wonosobo Tahun pelajaran 2017/2018 melalui pendekatan matematika realistik.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Ma’arif Wonokromo, sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 62,94; kemudian pada tes siklus pertama 70; menjadi 76,76 pada siklus kedua, (2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 47,05%; dan pada tes siklus pertama 58,82%; kemudian pada siklus kedua menjadi 85,29%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan matematika realistik mampu meningkatkan kemampuan menghitung perkalian pada siswa kelas II MI Ma’arif Wonokromo, Mojotengah, Wonosobo tahun pelajaran 2017/2018.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hani Khoerun Nisa - Personal Name
|
Student ID |
2014030071
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru MI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2018 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |