Prodi PGMI
INTERNALISASI PENDIDIKAN SOSIAL DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ERA INFORMASI (KAJIAN SURAT ANNISA: 36)
XML
Pada hakikatnya lingkungan pendidikan berfungsi sebagai penghubung dalam mengembangkan kecakapan hidup anak secara kritis. Tercapainya pendidikan sosial akan mendorong anak agar dapat lebih baik dalam berinteraksi dengan sesama secara maksimal. Penanaman pendidikan yang salah akan berakibat buruk pada perilaku dan hubungannya dengan masyarakat ke depan sehingga menghambat ketercapaian tujuan pendidikan. Internalisasi pendidikan sosial akan membantu dan memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan interaksinya ketika terjun di masyarakat kelak. Maka dari itu tujuan yang hendak dicapai dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan sosial, internalisasi pendidikan sosial yang terkandung dalam al-Qur’an Surat an-Nisa ayat 36 dan relevansinya dengan pendidikan sekarang.
Metode penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kualitatif. Sehingga lebih banyak mendeskripsikan segala bentuk data yang diperoleh dari lapangan. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian kepustakaan (library research), menggunakan metode tafsir dengan pendekatan maudhu’I (tematis permasalahan). Untuk pengumpulan data penulis menggunakan metode penelitian dokumenter (dokumentasi), pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai sumber yang sudah ada yakni sumber primer berupa al-Qur’anul karim dan sumber sekunder buku-buku data kepustakaan yang relevan. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis wacana dan isi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah Pendidikan sosial pada intinya bertujuan membentuk manusia yang berjiwa sosial, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa berdasarkan Pancasila. Bahwa dalam al-Qur’an surat an-Nisa ayat 36 menegaskan kepada manusia untuk berbuat kebaikan dalam hubungannya dengan Allah maupun dengan sesama manusia. Oleh karena itu internalisasi pendidikan sosial untuk memperbaiki interaksi sosial anak, orang tua dan Guru hanya sebagai teladan bagi anak untuk memecahkan permasalahan yang ada di masyarakat.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Ani Masruroh - Personal Name
|
Student ID |
2014030025
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru MI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2018 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |