Andri Haryanto
Pengarang
Nasokah, M.Ag.,Alh.
Dosen Pembimbing 1
Pamungkas Setiya Mulyani, M.Pd.
Dosen Pembimbing 2
Dr. Moh. Sakir, M Ag
Penguji 2
Dr. Abdul Majid, M.Pd
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dengan model pembelajaran matematika realistik yang diterapkan untuk meningkatkan HOTS siswa dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realisti terhadap HOTS siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuasi eksperimen one group, dengan sampel 30 siswa, sampel ini diambil dari populasi seluruh siswa MI Negeri Punggelan Banjarnegara tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian berupa kemampuan berfikir tingkat tinggi siswa dari hasil test soal pilihan ganda. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji âtâ.
Dari hasil penelitian diperoleh thitung=14,711>ttabel=2,045 dengan taraf signifikasi 5%. Dari uji hipotesis tersebut, maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran matematika realistik berpengaruh terhadap kemampuan berfikir tingkat tinggi (HOTS) siswa kelas IV MI Negeri Punggelan Banjarnegara tahun pelajaran 2017/2018.