Prodi PGMI
NILAI-NILAI SOSIAL DALAM SENI TARI DI SD AL-MADINA WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
XML
Tujuan penelitian ini adalah, 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan seni tari di SD Al Madina Wonosobo Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mengetahui apa saja nilai-nilai sosial seni tari yang terwujud dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler seni tari di SD Al Madina Wonosobo Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mengetahui bagaimana wujud kerjasama dalam kegiatan seni tari di SD Al Madina Wonosobo Tahun Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif, yaitu semata-mata hanya melukiskan keadaan obyek yang diteliti. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian ini adalah 1) Kegiatan seni tari di SD Al Madina Wonosobo tahun pelajaran 2017/2018 dilaksanakan pada akhir pekan tepatnya pada hari Sabtu sehingga tidak mengganggu berlangsungnya kegiatan belajar mengajar, kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB. Kegiatan seni tari dilaksanakan di luar kelas atau di halaman sekolah. Kegiatan seni tari diikuti oleh siswi yang berminat dan ingin mengembangkan bakatnya dalam bidang tari, yang diikuti oleh sebagian siswa dari kelas 1 hingga kelas 5. Kegiatan ini diawali dari pengenalan gerakan-gerakan dasar tari kepada siswi antara lain mendak, ungkel, trisik, ngrayung. Guru yang melatih kegiatan ekstrakulikuler ini merupakan guru SD Al Madina dan guru dari sanggar tari ngesti laras. 2) Dalam kegiatan seni tari yang dilaksanakan di SD Al Madina Wonosobo dapat disimpulkan bahwa kegiatan tersebut menanamkan nilai sosial antara lain nilai kerja sama, ketekunan, ulet, kerja keras, kreatif, gigih, disiplin dan bertanggung jawab. Diharapkan nilai sosial tersebut dapat tertanam dalam diri setiap siswa dan tidak hanya terwujud pada saat mengikuti kegiatan seni tari namun dapat diterapkan pada setiap kegiatan baik pada kegiatan formal maupun non formal, baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah, baik dengan keluarga, teman maupun masyarakat sekitar. 3) Dalam mengupayakan penerapan kerjasama dalam nilai-nilai sosial di SD Almadina Wonosobo yaitu dilakukan kerjasama dalam penerapan gerakan-gerakan yang kompak dalam suatu kelompok tari, dengan demikian hal ini dapat mewujudkan nilai-nilai sosial kerjasama antara guru dengan murid dan murid dengan murid, yaitu dengan cara tolong menolong, saling menghargai satu sama lain, kekeluargaan, tanggung jawab.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Lusyana - Personal Name
|
Student ID |
0610300182203130050
|
Dosen Pembimbing |
Drs. Noor Aziz, M.pd. - - Dosen Pembimbing 1
|
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86232
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Guru MI
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2017 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |