PENERAPAN METODE SIMA’I DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI TAHFIDZUL QUR’AN DI SD TAKHASSUS AL QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Detail Cantuman

Prodi PGMI

PENERAPAN METODE SIMA’I DALAM PEMBELAJARAN HAFALAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI TAHFIDZUL QUR’AN DI SD TAKHASSUS AL QUR’AN KALIBEBER WONOSOBO TAHUN PELAJARAN 2015/2016

XML

Sudah diketahui dengan sangat jelas, bahwa menghafal al-Qur’an bukanlah tugas yang mudah, sederhana, serta dapat dilakukan kebanyakan orang tanpa meluangkan waktu khusus, kesungguhan mengerahkan kemampuan dan keseriusan, karena menghafal al-Qur’an merupakan tugas yang sangat besar. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat membantu mempermudah dalam memperlancar hafalan al-Qur’an di SD Takhassus Al-Qur’an Kalibeber Wonosobo.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis data dengan model interaktif yang terdiri dari Analisis selama pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan Menarik kesimpulan/verifikasi. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan: 1) Mengetahui proses penerapan metode Sima’i dalam menghafal al-Qur’an, 2) Mengetahui waktu penerapan metode sima’i dalam menghafal al-Qur’an, 3) Mengetahui hasil hafalan setelah menggunakan metode Sima’i.
Hasil analisisnya yaitu Metode Sima’i ini sangat membantu bagi para santri yang menghafal al-Qur’an yang masih sulit membaca al-Qur’an terlebih untuk yang sudah lancar atau sudah bisa membaca al-Qur’an. Dimana dalam penerapan metode Sima’i ini juga ada langkah atau tahapannya seperti, harus menggunakan al-Qur’an pojok, mendengarkan ustadz-ustadzahnya membacakan ayat yang nantinya akan dihafalkan, santri menirukan hingga bacaannya benar sesuai makhrajnya, kemudian baru santri mengulang-ngulang ayat hingga hafal dan kemudian di takror baru disetorkan. Dalam pelaksanaan metode sima’i juga ada kendalanya yaitu terlalu memakan banyak waktu, tetapi tidak masalah untuk para asatidz-asatidzahnya, karena dari awal mempunyai tujuan atau target yaitu santri bisa menghafal al-Qur’an dengan fashih dan benar dan menghafal al-Qur’an sejak usia dini. Dengan adanya pelaksanaan hafalan al-Qur’an dengan metode Sima’i SD Takhassus Al-Qur’an hasil hafalannya dikategorikan baik bagi tingkat usia dini bahkan sangat baik, bisa dilihat setiap tahunya yaitu peserta bil-ghoib dalam Haflah Khotmi Qur’an karena setiap tahun pesertanya meningkat.


Detail Information

Item Type
Skripsi
Penulis
Laili Umi Khabibah - Personal Name
Student ID
182203120059
Dosen Pembimbing
Mukromin, Alh, M.Ag - - Dosen Pembimbing 1
Penguji
H. Ahmad Zuhdi, M.Ag - - Penguji 1
Nasokah, M.Ag.,Alh. - - Penguji 2
Kode Prodi PDDIKTI
86232
Edisi
Published
Departement
Pendidikan Guru MI
Kontributor
Bahasa
Indonesia
Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
Edisi
Published
Subyek
No Panggil
Copyright
Individu Penulis
Doi

Lampiran Berkas

LOADING LIST...



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya  XML Detail