• mahkota212.com
  • http://adoornri.com/
  • yokaislot
  • slot gacor
  • https://kadinkabserambarat.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkabhalmaheratengah.org/tentang-kadin/
  • situs slot gacor hari ini
  • https://metallagi.com/
  • https://sistel.semarangkota.go.id/
  • https://bkd.siakkab.go.id/
  • https://kadintegal.org/tentang-kadin/
  • https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas
  • https://sippbb.purwakartakab.go.id/maps/
  • http://pustaka.fib.unand.ac.id/
  • slot gacor
  • slot777
  • https://awangbangkalbarat.banjarkab.go.id/
  • https://www.scienceworksforus.com/press-releases/one-week-and-counting-dont-cut-the-research-that-fuels-the-u-s-economy
  • https://washrightsnetwork.org/free-spins-existing-customers-no-deposit-2025-australia/
  • https://catalogue.paramadina.ac.id/
  • https://kadinlangara.org/XNXX/
  • https://kadinpcmataram.org/kontak/
  • https://merch.emma-larson.com/products
  • https://kadinkabbireuen.org/tentang-kadin/
  • https://kadinkotabatang.org/XVIDEOS/
  • https://motherscareivfcentre.com/about-us-2/appointments/
  • https://tiwet.web.id/orc/
  • https://babelankota.kabbekasi.id/
  • situs slot gacor
  • https://anggota.kadinpcmataram.org/
  • RELEVANSI HAKIKAT MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN PENDIDIKAN HUMANISTIK (KAJIAN AYAT AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALAQ: 1-5) RELEVANSI HAKIKAT MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN PENDIDIKAN HUMANISTIK (KAJIAN AYAT AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALAQ: 1-5)

    Detail Cantuman

    Prodi PGMI

    RELEVANSI HAKIKAT MANUSIA PERSPEKTIF AL-QUR’AN DENGAN PENDIDIKAN HUMANISTIK (KAJIAN AYAT AL-QUR’AN SURAT AL-‘ALAQ: 1-5)

    XML

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relevansi manusia dalam kacamata Islam dari kajian ayat al-Qur’an surat al-‘Alaq ayat 1-5 dengan konsep pendidikan humanistik. Menyatukan dua pemikiran pada posisi yang strategis dengan mencari titik kesesuaian antara dua pandangan yaitu pandangan Islam tentang manusia serta humanistik yang berasaskan pemikiran Barat sehingga terbentuk suatu paradigma.
    Teknik pengkajian ayat menggunakan metode tahlili atau analitis dalam rangka memperoleh data yang luas, lengkap dan komprehensif karena objek dikaji dari berbagai aspek. Proses analisis data mengaplikasikan pola berpikir deduktifinduktif dengan menggunakan metode deskriptif serta analisis isi. Hasil yang diperoleh yaitu pandangan tentang manusia sebagai makhluk yang berpotensial baik secara hakikat, namun juga berpotensi kepada keburukan apabila dipengaruhi faktor-faktor baik eksternal maupun internal. Pengembangan potensi melalui pendidikan yang manusiawi untuk dapat mencapai kedudukan tertingginya sebagai khalifah sekaligus ‘abd pada aspek ruhaniah. Manusia dalam pendidikan adalah sosok insan dengan kemampuan pada aspek nafsiah berupa aql untuk berpikir, qalb untuk merasakan dan nafsu untuk berkehendak. Dengan modal dasar ketiga hal tersebut manusia mampu menempatkan diri pada posisi tertinggi sebagai khalifah dalam hubungan yang sifatnya duniawi karena berhubungan dengan manusia dan alam, serta dapat berkedudukan dibawah sebagai seorang ‘abd namun dalam hubungan yang transenden karena berhubungan langsung dengan Sang Pencipta.
    Demikianlah hakikat manusia dalam kaitannya dengan pendidikan yang berusaha menjadikan manusia sebagai manusia yang seutuhnya.


    Detail Information

    Item Type
    Skripsi
    Penulis
    Puput Fitriana - Personal Name
    Student ID
    0610300182203120060
    Dosen Pembimbing
    Drs. K.H. Muchotob Hamzah, M.M - - Dosen Pembimbing 1
    Penguji
    Kode Prodi PDDIKTI
    86232
    Edisi
    Published
    Departement
    Pendidikan Guru MI
    Kontributor
    Bahasa
    Indonesia
    Penerbit Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo.,
    Edisi
    Published
    Subyek
    No Panggil
    Copyright
    Individu Penulis
    Doi

    Lampiran Berkas

    LOADING LIST...



    Informasi


    DETAIL CANTUMAN


    Kembali ke sebelumnya  XML Detail