Prodi PIAUD
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PERMAINAN AIR TERJUN WARNA PADA KELOMPOK A DI RA MASYITHOH ANDONGSILI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
XML
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subjek pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang terdiri dari 14 anak perempuan dan 13 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal warna melalui permainan air terjun warna pada anak usia 4-5 tahun di RA Masyithoh Andongsili. Dengan permainan air terjun warna adanya keterlibatan anak secara langsung sehingga anak memperoleh pengalaman langsung dalam proses pembelajaran.
Hasil penelitian diketahui bahwa kemampuan mengenal warna pada anak kelompok A di RA Masyithoh Andongsili sebelum melakukan perbaikan dengan penelitian tindakan kelas relatif masih rendah. Pembelajaran dengan permainan air terjun warna di RA Masyithoh Andongsili dilakukan dengan cara guru menyusun rencana pembelajaran dengan permainan air terjun warna. Adapun proses pembelajarannya anak diberi kesempatan untuk melakukan percobaan tentang warna yang bersifat sederhana dan menarik untuk anak. Hasil penelitian meningkat secara bertahap, hal ini dapat dilihat dari data hasil observasi pada Pratindakan, Siklus I dan Siklus II. Rata-rata perolehan persentase pada Pratindakan yaitu 45,67%, meningkat di Siklus I dengan persentase sebesar 67,89% dan meningkat mencapai 90,12% pada Siklus II. Berdasarkan prosentase keberhasilan penelitian yakni 80% ke atas maka penelitian tindakan kelas dinyatakan telah berhasil karena telah mencapai 90,12 %.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Rahmawati - Personal Name
|
Student ID |
2014240032
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86233
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Islam Anak Usia Dini
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2018 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil | |
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |