Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAIBP SISWA KELAS VIII SMPN 1 KEJAJAR WONOSOBO
XML
Helmy Pradana. PENERAPAN METODE DISCOVERY LEARNINGUNTUK PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PAIBP SISWAKELAS VIII SMPN 1 KEJAJAR WONOSOBO. Skripsi, Wonosobo:Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Sains Al-Qur‟an JawaTengah di Wonosobo. 2022Perkembangan zaman yang semakin modern dari tahun tahun terutamapada era globalisasi seperti saat ini secara tidak langsung menuntut adanyasumber daya manusia manusia yang berkualitas. Peningkatan kualitas sumberdaya manusia merupakan syarat wajib untuk mencapai tujuan pembangunan salahsatu wadah untuk menigkatkan sumberdaya manusia tersebut adalah pendidikan.Pendidikan tidak akan pernah hilang selama kehidupan masih berlangsung karenapada hakikatnya manusia adalah makhluk yang harus dididik dan dapat dididik.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian TindakanKelas (PTK), yaitu sebuah penelitian dengan bentuk kajian yang bersifat reflektifoleh pelaku tindakan, yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasinaldari tindakan-tindakan mereka dalam melaksanakan tugas, memperdalampemahaman terhadap tindakan-tindakan yang dilakukan itu, memperbaiki kondisidimana praktek-praktek pembelajaran tersebut dilakukan, serta dilakukan secarakolaboratifDari hasil penelitian dapat disimpulkan Hasil prestasi belajar anak kelasVIII A di SMP N 1 Kejajar relatif rendah. Hal tersebut berdasarkan data pra siklusyang diambil yakni dari 26 anak hanya ada 9 anak atau 35% dari jumlah siswakelas yang sudah bisa mencapai nilai KKM dan sisanya 17 anak atau 65% darijumlah siswa kelas yang belum bisa mencapai nilai KKM, dari data tersebutpeneliti dapat menyimpulkan bahwa prestasi belajar anak masih relatif rendah.Kesimpulan tersebut berdasarkan perbandingan pada studi awal atau prasiklus kemudian tindakan siklus I dan tindakan siklus II diperoleh hasil yangsignifikan yakni dari 26 peserta didik di kelas VIII A SMPN 1 Kejajar, dapat rataratanilai 63,4 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 40, dan didapatkanjumlah peserta didik yang mencapai ketuntasan sebanyak 9 orang saja (35%) danyang belum mencapai ketuntasan sebanyak 17 orang (65%). Pengamatan padatahap siklus I, didapatkan rata-rata nilai 72,2 dengan nilai tertinggi 88 dan nilaiterendah 50, dan didapatkan jumlah peserta didik yang mencapai ketuntasansebanyak 15 orang (57%), dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 11orang (43%). Pengamatan pada tahapan siklus II, didapatkan rata-rata nilai 82dengan nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 70, dan didapatkan jumlah pesertadidik yang mencapai ketuntasan sebanyak 22 orang (85%) dan yang belummencapai ketuntasan 4 orang (15%).
Kata kunci : Metode discovery learning, prestasi belajar, PAIBP
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Helmy Pradana - Personal Name
|
Student ID |
2018010044
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6517 HEL p
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |