Prodi Pendidikan Agama Islam
KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN FIKIH UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA KELAS VIII DI MTS NEGRI 1 WONOSOBO
XML
Hendra Wibowo KREATIVITAS GURU DALAM MENGGUNAKANMETODE PEMBELAJARAN FIKIH UNTUKMENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA KELAS VIIIDI MTs NEGERI 1 WONOSOBO.Prodi/Fakultas : Pendidikan Agama Islam/FITK UniversitasSains Al Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022MTs Negeri 1 Wonosobo adalah salah satu sekolah yang terbilang cukupmaju dalam menggunakan metode pembelajaran, jadi yang melatar belakangidalam menggunakan metode pembelajaran yaitu: pada saat pembelajaran bermulaipara siswa terlihat kurang konsentrasi dan kurang memperhatikan dalam kegiatanpembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitasguru dalam menggunakan metode pembelajaran fikih untuk meningkatkankeaktifan siswa kelas VIII di MTs Negeri 1 Wonosobo dan untuk mengetahuifactor-faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam penggunaanmetode ppembelajaran fikih untuk meningkatkan keaktifan siswa di MTs Negeri 1Wonosobo.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yangmenghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orangdan perilaku yang diamati, subjek dalam penelitian ini adalah dua guru PendidikanAgama Islam (PAI) mata pelajaran fikih di MTs Negeri 1 Wonosobo, sedangkanyang menjadi objek dalam penelitian ini adalah kreativitas guru Pendidikan AgamaIslam (PAI) mata pelajaran fikih dalam penggunaan metode pembelajaran untukmeningkatkan keaktifan siswa dalam belajar di madrasah Tsanawiyah Negeri 1wonosobo.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dilapangan bahwasannya ada 3macam metode pembelajaran yang guru fikih gunakan, yaitu : metode tanya jawab,metode diskusi, dan metode sosiodrama. Jadi berdasarkan penelitian penelitidilapangan kreativitas guru itu disebut bahwa: 1) Kreativitas guru dalammenggunakan metode tanya jawab, guru bertindak kreatif dan terjalinnya interaksiantara guru dan siswa serta siswa dengan siswa. 2) Kreativitas guru dalammenggunakan metode diskusi guru membuat kelompok diskusi agar siswa bisabertukar pemikiran atau pemahaman dengan kelompok lainnya. 3) Kreativitas gurudalam menggunakan metode sosiodrama dan bermain peran guru mampumemadukan pembelajaran praktek melalui video pembelajaran dan praktek secaralangsung
Kata kunci: Kreativitas Guru, Metode Pembelajaran, Keaktifan Siswa.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Hendra Wibowo - Personal Name
|
Student ID |
2018010238
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6479 HEN k
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |