Prodi Pendidikan Agama Islam
PENERAPAN ILMU TAJWID DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR'AN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS BACAAN AL-QUR'AN SANTRI TPQ DARUL FATAH DESA PETIR KECAMATAN PUWANEGARA KABUPATEN WONOSOBO BANJARNEGARA
XML
Mukhlas Afifudin. PENERAPANILMU TAJWID DALAMPEMBELAJARAN AL-QUR’AN UNTUK MENINGKATKANKUALITAS BACAAN AL-QUR’AN SANTRI TPQ DARUL FATAHDESA PETIR KECAMATAN PURWANEGARA KABUPATENBANJARNEGARA. Skripsi, Wonosobo: Fakultas Ilmu Tarbiyah danKeguruan, Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo, 2022.Skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bagaimana penerapan ilmutajwid dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Darul Fatah; 2) untuk mengetahuibagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an santri TPQ Darul Fatah; 3) untukmengetahui sejauhmana penerapan ilmu tajwid dalam pembelajaran Al-Qur’anterhadap peningkatan kualitas bacaan Al-Qur’an santri TPQ Darul Fatah.Skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dimana jenispenelitiannya bersifat penelitian lapangan. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, sumberdata diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder (buku-buku ilmutajwid, strategi pembelajaran, referensi yang berkaitan dengan penerapan, ilmutajwid, pembelajaran, meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an, skripsi terdahulu,artikel-artikel, jurnal, dan situs internet). Adapun teknis analisa data yangdigunakan adalah teknik berpikir deduktif dimana teknik pemikirannya berangkaidari dasar-dasar pengetahuan yang umum menjadi hal-hal yang lebih eksplisit ataukhusus dan induktif, dimana data diperoleh dari data empirik lewat observasi danwawancara kepada suatu teori.Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) pembelajaran Al-Qur’an di TPQDarul Fatah dilaksanakan selama lima hari dalam seminggu, yakni setiap hariMinggu, Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis, dimulai dari jam 15.00 WIB sampaidengan selesai; 2) metode yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur’an di TPQDarul Fatah menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an Qiroati, metode inidigunakan secara turun temurun dari awal merintisnya TPQ Darul Fatah hinggasekarang ini; 3) pembelajaran Al-Qur’an di TPQ Darul Fatah terbagi menjadi 5(lima) sesi, yaitu: Sholat Ashar berjamaah, doa pembuka dan sholawat nabi, kajianayat Al-Qur’an, kreativitas santri, evaluasi, dan doa penutup; 4) guru memberikanmateri tambahan dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman santri tentangbacaan tajwid dengan cara menulis ayat suci Al-Qur’an di papan tulis kemudiandibaca dan diikuti oleh santri, serta guru menjelaskan tentang nama surah dankandungan bacaan tajwidnya; 5) santri dituntut untuk sering membaca danmenghafal bacaan sebelum setoran, kemudian evaluasi dilakukan secara individuatau pada saat setoran berlangsung dan dilakukan setiap harinya.
Kata kunci: Ilmu Tajwid, Al-Qur’an, Pembelajaran.
Detail Information
Item Type |
Skripsi
|
---|---|
Penulis |
Mukhlas Afifudin - Personal Name
|
Student ID |
2018010468
|
Dosen Pembimbing | |
Penguji | |
Kode Prodi PDDIKTI |
86208
|
Edisi |
Published
|
Departement |
Pendidikan Agama Islam
|
Kontributor | |
Bahasa |
Indonesia
|
Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2022 |
Edisi |
Published
|
Subyek | |
No Panggil |
FITK-PAI 6471 MUK p
|
Copyright |
Individu Penulis
|
Doi |