Asih Nurjanah
Pengarang
Hj. R.A.E.P. Apriliani, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 1
Meftahudin, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Ahmad Guspul, S.E., M.M
Penguji 1
Yusqi Mahfud, S.E., M.M
Penguji 2
Axis merupakan merek yang termasuk kategori baru dibanding merek lainya yang sudah lebih lama berada di pasar. Hasil survey menunjukan bahwa masih rendahnya pelanggan kartu Axis pada tahun 2017 dan belum memenuhi target pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji beberapa variabel yang mampu meningkatkan Brand equity dan konsekuensi Brand personality dalam mempengaruhi brand equity yaitu variabel Cognitive, Experiential Marketing dan Marketing Factors.
Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Wonosobo dengan jumlah responden sebanyak 97 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakalah regresi linier berganda dan sobel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Cognitive, Experiential Marketing, Marketing Factors dan Brand Personality memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Equity. Variabel Brand Personality dapat memediasi Cognitive, Experiential Marketing dan Marketing Factors terhadap Brand Equity. Hal ini menunjukan semakin baik manajer dalam menerapkan Brand Personality pada Axis maka semakin baik pula Cognitive, Experiential Marketing dan Marketing Factors sehingga Brand Equity yang dihasilkan semakin tinggi.