Miranda Emilia
Pengarang
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Dosen Pembimbing 1
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Penguji 2
Dr. Ahmad Guspul, S.E, M.M.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador, tagline, dan social media marketing terhadap brand awareness pada pengguna aplikasi shopee di Kelurahan Kalibeber, Wonosobo. Penelitian ini menggunakan analisis linier berganda yang diolah menggunakan SPSS versi25. Populasi dan sampel ini adalah pengguna aplikasi shopee di Kelurahan Kalibeber, Wonosobo dengan jumlah 105 responden. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil menunjukkan bahwa brand ambassador, tagline, dan social media marketing berpengaruh terhadap brand awareness shopee, dengan nilai adjust R Square sebesar 0,799 atau 79,9% yang berarti bahwa faktor yang mempengaruhi brand awareness (Y), brand ambassador(X1), tagline (X2), dan social media marketing (X3) sebesar 79,9% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti sebesar 20,1%.Shopee perlu memperkuat strategi pemasaran melalui pemanfaatan brandam bassador yang tepat, pesan tagline yang konsisten, serta optimalisasi mediasosial untuk mempertahankan dan meningkatkan brand awareness di kalangan pengguna aplikasi shopee di Kelurahan Kalibeber, Wonosobo.
Kata Kunci: Brand Ambassador, Tagline, Social Media Marketing, BrandAwareness