Laela Zulaekhah Gebze
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 2
Hj. R. AJ. Endang P. Apriliani. S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 1
Meftahudin, S.E., M.M.
Penguji 1
Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA
Penguji 2
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh daya saing,kemampuan inovasi dan inovasi produk terhadap keberlanjutan BUMDesWonosobo.Metodelogi – Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitumenggunakan kuesioner yang disebar kepada para konsumen BUMDes Ayodyamelalui google form. Sampel yang diguankan dalam penelitian ini sebanyak 128responden yang ditentukan menggunakan rumus Heir. Adapun analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif, uji kualitas data, uji f, ujiasumsi klasik, uji hiptesis dengan menggunakan analisis linier berganda da ujikuefisien determinasi.Hasil penelitian - Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwavariabel yang diajukan yaitu daya saing, kemampuan inovasi dan inovasi produkberpengaruh positif terhadap keberlanjutan BUMDes.Keterbatasan – Dalam proses mengumpulkan data melalui kuesioner yangdisebarkan, jawaban yang diberikan responden terkadang tidak memberikanpendapat yang sebenarnya. Hal ini dapat dipengaruhi dari berbagai faktor sepertipemahaman pada kuesioner dan kejujuran.Implikasi - Sebagai bahan pertimbangan dan acuan yang dapat diterapkan olehpihak BUMDes Ayodya Wonosobo dalam mendoromg purchase decisionkonsumen melalui gabungan strategi pemasaran yaitu aspek layanan, teknologi danpromosi.
Kata Kunci : Daya Saing, Kemampuan Inovasi, Inovasi Produk, KeberlanjutanBUMDes