Gilang Indra Rusmawan
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 2
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Dr. Ahmad Guspul, S.E, M.M.
Penguji 1
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Penguji 2
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer intimacy, customer experience, customer delight, customer bonding, dan servicescapeterhadap customer loyalty pada Double U Coffee Wonosobo. Fenomena fluktuasi jumlah pengunjung yang tidak stabil dari tahun 2022 hingga 2024 menjadi latar belakang penting untuk mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan di tengah persaingan ketat industri coffee shop. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik survei menggunakan kuesioner. Populasi penelitian adalah pelanggan Double U Coffee pada periode JanuariāMei 2025 sebanyak 4.690 orang, dengan sampel berjumlah 369 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin.Teknik analisis data dilakukan melalui uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, danregresi linear berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima variabel independen, yaitu customerintimacy, customer experience, customer delight, customer bonding, danservicescape, berpengaruh positif terhadap customer loyalty. Hal ini membuktikan bahwa semakin baik perusahaan dalam membangun kedekatan emosional, memberikan pengalaman berkesan, menciptakan kegembiraan, membentuk ikatankuat, serta menciptakan lingkungan layanan yang nyaman, maka semakin tinggipula loyalitas pelanggan yang terbentuk.
Kata Kunci: Customer Loyalty, Customer Intimacy, Customer Experience, Customer Delight, Customer Bonding, Servicescape.