Fina Sofiatun Nabila
Pengarang
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 1
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Penguji 2
Dr. M. Elfan Kaukab, S.E., M.M., M.H.I., Ak.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari entrpreneurshi porientation, market orientation, product innovation, dan competitive advantage terhadap marketing performance studi pada UMKM Makanan dan Minuman diKabupaten Wonosobo. Sampel yang diambil sebanyak 100 pemilik UMKM dengan menggunakan metode purposive sampling. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 25. Hasil penelitian berdasarkan regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel enter preneurship orientation, market orientation, product innovation, dan competitive advantage berpengaruh positif terhadap marketing performance. HasilAdjusted R Square pada penelitian ini sebesar 0,532 atau 53,2%. Artinya bahwa pengaruh entrpreneurship orientation, market orientation, product innovation, dan competitive advantage terhadap marketing performance sebesar 53,2%, sedangkan sisanya yaitu sebesar 46,8% dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini. Studiini memiliki implikasi bagi pemilik UMKM perlu meningkatkan entr preneurshi porientation, market orientation, product innovation, dan competitive advantage untuk meningkatkan marketing performance. Penelitian lebih lanjut dapat mengkaji pengaruh variabel-variabel ini dalam konteks ekonomi yang berbeda atau dengan mempertimbangkan faktor-faktor budaya.
Kata kunci: entrpreneurship orientation, market orientation, productinnovation, competitive advantage, dan marketing performance