Fatimatuzzahro
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Dr. Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Penguji 2
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Penguji 1
Pemasaran digital sangat diperlukan pada era ekonomi digital saat ini karena perubahan dalam perilaku masyarakat yang lebih sering menggunakan platform digital di berbagai sektor. Studi kuantitatif ini bertujuan untuk memberikan bukti bahwa dimensi digital marketing seperti website, affiliate marketing, online public relations, social network, dan customer relationship management dapat memengaruhi kinerja pemasaran. Populasi pada studi ini adalah masyarakat Kota Wonosobo.Dengan menggunakan metode Hair et al., studi ini menganalisis data menggunakan SPSS Versi 25dengan ukuran sampel 116 responden. Hasil studi ini menunjukkan bahwa website, affiliate marketing, online public relations, social network, dan customer relationship management mempunyai pengaruh yang signifikan dengan arah yang positif terhadap kinerja pemasaran. Nilaiadjust R aquare penelitian ini adalah 93,2%, dimana hal ini menunjukkan bahwa variabel independent dalam penelitian ini memiliki pengaruh secara simultan. Hasil dari penelitian ini diharapkan menjadibahan evaluasi dalam pelaksanaan pemasaran khususnya penggunaan digital marketing untuk meningkatkan kinerja pemasaran.
Kata kunci: ekonomi digital, dimensi digital marketing, kinerja pemasaran