Fathya Nurlaeli
Pengarang
Yusqi Mahfud, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 1
Eko Prawoto, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Eni Candra Nurhayati, S.Pd., M.M.Pd
Penguji 2
Dr. M. Elfan Kaukab, S.E., M.M., M.H.I.,
Penguji 1
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh Fear ofMissing Out (FoMO) dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying dengan Gender sebagai variabel Moderasi pada konsumen Lavanya Café Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel yang digunakan yaitu sebesar 104 responden yang diambildengan jenis purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebar satu persatu pada konsumen Lavanya Café Wonosobo. Pengujian hepotesis dilakukan dengan Teknik Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan alat analisis Smart PLS versi4.1.1.4 dan pengujian moderasi menggunakan Smart PLS MGA.Berdasarkan analisis diperoleh bahwa Fear of Missing Out (FoMO) berpengaruh positif terhadap Impulse Buying. dan Sales Promotion tidak berpengaruh positif terhadap Impulse Buying. Pada Fear of Missing Out (FoMO) tidak berpengaruh positif terhadap Impulse Buying yang dimoderasi oleh Gender. Sedangkan Sales Promotion berpengaruh positif terhadap Impulse Buying yang dimoderasi oleh Gender. Tidak ada perbedaan signifikan antara laki-laki dan Perempuan yang ditinjau dariFear of Missing Out (FoMO). Sedangakan perbedaan signifikan antara lakilakidan Perempuan yang ditinjau dari Sales Promotion lebih cenderung Perempuan yang melakukan Impulse Buying.
Kata kunci: Fear of Missing Out (FoMO), Sales Promotion ImpulseBuying dan Gender