Dwi Ana Kusumaning Tyas
Pengarang
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Dr. Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA.
Dosen Pembimbing 2
Dr. M. Elfan Kaukab, S.E., M.M., M.H.I., Ak.
Penguji 1
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Penguji 2
Tujuan - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan mobile bankingpada kalangan generasi Z di Kabupaten Wonosobo dengan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu persepsi manfaat, persepsi kemudahan penggunaan, pengaruh sosial, pengalaman dan kepercayaan. Serta variabel dependen yaitu penggunaan mobile banking. Metodologi - Sampel dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kabupaten Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang dibagikan secaraonline kepada Generasi Z di Kabupaten Wonosobo yang mendapatkan sebanyak 398 responden. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 137.182 Generasi Z di Kabupaten Wonosobo. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil - Hasil penelitian menunjukkan bahwa: [1] Terdapat pengaruh positif persepsi manfaat terhadap pengguna mobile banking dengan nilai thitung sebesar 10,497 dan nilai signifikansi 0,000. [2] Terdapat pengaruh positif persepsikemudahan penggunaan terhadap pengguna mobile banking dengan nilai thitungsebesar 7,520 dan nilai signifikansi 0,000. [3] Terdapat pengaruh positif pengaruhsosial terhadap pengguna mobile banking dengan nilai thitung sebesar 2,220 dan nilaisignifikansi 0,027. [4] Terdapat pengaruh positif pengalaman terhadap penggunamobile banking dengan nilai thitung sebesar 7,137 dan nilai signifikansi 0,000. [5] Terdapat pengaruh positif kepercayaan terhadap pengguna mobile banking dengannilai thitung sebesar 2,212 dan nilai signifikansi 0,028. Implikasi- Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat dankontribusi bagi perusahaan penyedia layanan mobile banking, sehingga dapat dijadikan acuan strategis oleh pihak bank dalam mengembangkan fitur serta merancang kampanye pemasaran yang selaras dengan karakteristik dan kebutuhan generasi muda yang adaptif terhadap teknologi digital.
Kata Kunci: Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan, PengaruhSosial, Pengalaman, Kepercayaan, Penggunaan Mobile Banking, Technology Acceptance Model (TAM).