Dian Rita Hapsari
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 2
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Yusqi Mahfud, S.E., M.M
Penguji 2
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Penguji 1
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dimensi daya tarikyang terdiri dari attraction, accessibility, amenities, dan ancillary terhadap revisitintention pada objek wisata Curug Sewu Kabupaten Kendal. Metodologi: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi padapenelitin ini merupakan pengunjung objek wisata Curug Sewu dengan sampel yangdigunakan sebanyak 108 responden. Metode analisis yang digunakan dalampenelitian ini adalah analisis linier berganda menggunakan program SPSS versi 26. Hasil: Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel attraction, accessibility, dan ancillary berpengaruh positif terhadap revisit intention. Sedangkan variabel amenities tidak berpengaruh terhadap revisit intention. Hal ini dibuktikan dengan attraction memiliki nilai thitung (4,297) > ttabel (1,659). Accessibility memiliki nilai thitung (3,169) > dari tabel (1,659). Amenities memilikinilai thitung (1,102) < dari ttabel (1,659). Ancillary memiliki nilai thitung (8,842) > darittabel (1,659). Keterbatasan: Pada penelitian ini hanya menggunakan variabel attraction, accessibility, amenities, dan ancillary. Penelitian bisa menghadapi tantangan dalam menentukan perubahan niat untuk berkunjung kembali dari waktu ke waktu. Agenda penelitian yang akan datang: Penelitian selanjutnya diharapkan mencantumkan instrument-instrumen pernyataan yang bersifat terbuka, sehingga responden dapat menyampaikan apa yang mereka harapkan, menjadi masukan, dan supaya hasilnya sesuai dengan kenyataan yang ada.
Kata kunci: Attraction, Accessibility, Amenities, Ancillary, Revisit Intention