Prodi Manajemen
PENGARUH FLASH SALE, LIFESTYLE, SOCIAL MEDIA, DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH (E-WOM) TEHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MARKETPLACE SHOOPE
XMLTujuan – Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh flash sale, lifestyle, social media dan electronic word of mouth (e-wom) terhadap perilakukonsumtif pada masyarakat pengguna marketplace Shopee di Kecamatan Mojotengah. Metodologi – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat pengguna marketplace Shopee di Kecamatan Mojotengah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probabilitysampling dengan jenis teknik purposive sampling menggunakan rumus Hairdidapakan sampel sebanyak 119 responden. Analisis data yang digunakan yaituanalisis statistik deskriptif, uji kualitas data, uji f, uji asumsi klasik, analisis regresilinier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi.Hasil – Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel flash sale, lifestyle, socialmedia dan electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh positif terhadap perilakukonsumtif. Hal ini dibuktikan dengan hasil flash sale memiliki t hitung 12,525dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, lifestyle memiliki t hitung 3,214 dengan nilaisignifikan 0,002 < 0,05, social media memiliki t hitung 4,852 dengan nilaisignifikan 0,000 < 0,05, dan electronic word of mouth (e-wom) memiliki t hitung2,329 dengan nilai signifikan 0,022 < 0,05.Keterbatasan – Penelitian ini hanya dilakukan pada masyarakat penggunamarketplace Shopee di Kecamatan Mojotengah, sehingga hasilnya belum tentudapat diterapkan untuk pengguna Shopee di daerah lain, baik dalam lingkupkabupaten, provinsi, maupun nasional. Penelitian ini hanya berfokus padapengguna marketplace Shopee, sehingga belum memberikan gambaran perilakukonsumtif yang dipengaruhi oleh faktor-faktor serupa pada platform e-commercelain seperti Tokopedia, Lazada, atau Bukalapak.Agenda Penelitian yang Akan Mendatang – Hasil penelitian menunjukkannilai Adjusted R Square variabel independen sebesar 0,857 atau 85,7% sehinggamasih dapat dikembangkan dengan menambah variabel independen yang tidakdijelaskan dalam penelitian ini. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan adanyapenelitian lebih lanjut terhadap perilaku konsumtif dengan metode penelitian yangberbeda dan sampel yang lebih luas dari penelitian ini.
Kata kunci: flash sale, lifestyle, social media, electronic word of mouth (e-wom),perilaku konsumtif.
Detail Information
| Item Type |
Skripsi
|
|---|---|
| Penulis |
Cahya Adella Azzaliva - Personal Name
|
| Student ID |
2021110194
|
| Dosen Pembimbing |
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M. - - Dosen Pembimbing 1
Dr. Ratna Wijayanti, S.E., M.M. - - Dosen Pembimbing 2 |
| Penguji | |
| Kode Prodi PDDIKTI |
61201
|
| Edisi |
Published
|
| Departement |
Manajemen
|
| Kontributor | |
| Bahasa |
Indonesia
|
| Penerbit | Universitas Sains Al-Qur'an : Wonosobo., 2025 |
| Edisi |
Published
|
| Subyek | |
| No Panggil | |
| Copyright |
Individu Penulis
|
| Doi |







