Az Zahra Agni Saqinna
Pengarang
Yusqi Mahfud, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 2
Eko Prawoto, S.E., M.M
Dosen Pembimbing 1
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Penguji 1
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Penguji 2
Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan pengaruh workload dan stres kerjaterhadap kinerja guru dengan cyberloafing sebagai variabel mediasi pada guru MAN 1Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampeljenuh, yaitu 63 responden yang merupakan jumlah keseluruhan guru MAN 1 Wonosobo.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang dibagikan dengan googleform kepada dewan guru. Pengujian hipotesis dilaksanakan dengan teknik Partial LeastSquares Structural Equation Modeling (SmartPLS4) dengan metode Patrial Least squaresversi 4. Berdasarkan analisis yang diperoleh bahwa workload berpengaruh negatif dansignifikan terhadap kinerja guru, stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadapkinerja guru, workload berpengaruh positif dan signifikan terhadap cyberloafing, stres kerjaberpengaruh positif dan signifikan terhadap cyberloafing, cyberloafing berpengaruh negatifdan signifikan terhadap kinerja guru, workload berpengaruh negatif dan signifikan terhadapkinerja guru dengan cyberloafing sebagai variabel mediasi, stres kerja berpengaruh negatif dansignifikan terhadap kinerja guru dengan cyberloafing sebagai variabel mediasi.
Kata kunci: Workload, Stres Kerja, Kinerja Guru, Cyberloafing.