Anggita Dwi Muliya
Pengarang
Meftahudin, S.E., M.M.
Dosen Pembimbing 1
R. Aj. Endang P . Apriliani, S.E ., M.M.
Dosen Pembimbing 2
Yusqi Mahfudz, S.E., M.M.
Penguji 2
Heri Purwanto, S.Pd., M.M., CMA
Penguji 1
Tujuan – Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh brand equity, brand awareness, perceived quality, brand loyalty, brand association terhadap loyalitas pelanggan pada pelanggan Jiniso followers di shopee Metodologi – Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Jiniso followers di shopee. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling menggunakan rumus Hair didapakan sampel sebanyak 130 responden. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, ujikualitas data, uji f, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji koefisien determinasi. Hasil Penelitian – Hasil uji regresi menunjukkan bahwa Brand Image (X1), Brand Awareness (X2), Brand Loyalty (X4), dan Brand Association (X5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y), karenamemiliki nilai signifikansi < 0,05 dan t hitung > t tabel. Sementara itu, PerceivedQuality (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, karenanilai signifikansi sebesar 0,607 > 0,05 dan t hitung < t tabel. Dengan demikian,sebagian besar elemen brand image berperan penting dalam meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk Jiniso di Shopee.Keterbatasan – Penelitian ini terbatas pada periode waktu tertentu, sehingga tidak dapat memprediksi perubahan preferensi pelanggan, kondisi ekonomi global,atau faktor eksternal seperti tren pasar dan kebijakan Shopee yang dapatmempengaruhi loyalitas pelanggan di masa depan.Agenda Penelitian Mendatang – Disarankan untuk menggabungkan pendekatan mixed methods, menambahkan variabel seperti kepuasan pelanggan danbrand trust, serta memberikan pendampingan pada responden untuk meningkatkan validitas data.
Kata kunci: brand equity, brand awareness, perceived quality, brand loyalty, brand association, loyalitas pelanggan.