Alviana Maqsurotullaeli
Pengarang
Bahtiar Efendi, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 1
Dr. M. Trihudiyatmanto, S.E., M.M., CMA
Dosen Pembimbing 2
Achmad Affandi, S.E., M.M.
Penguji 2
Meftahudin, S.E., M.M.
Penguji 1
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh pelatihan digital marketing, desain logo, dan pembaruan kemasan terhadap peningkatan pendapatan UMKMMadu Wana Apis di Desa Wonotirto Kabupaten Temanggung. Penelitian inidilakukan pada pelaku usaha UMKM Madu Wana Apis. Dalam penelitian inimenggunakan data primer yang berasal dari responden langsung. Teknikpengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yaitu sampeljenuh dikarenakan dalam pengambilan sampel tidak setiap anggota populasimemiliki peluang yang sama untuk dipilih. Populasinya adalah seluruh pelakuusaha UMKM Madu Wana Apis, sehingga sampel yang diambil berjumlah 32responden. Dalam menganalisis data menggunakan persamaan regresi linierberganda dengan SPSS versi 28. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihandigital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatanpendapatan, hal ini dibuktikkan dengan nilai thitung 6,341 > ttabel 2,048 dengansignifikansi 0,001 < 0,05. Desain logo berpengaruh positif dan signifikan terhadappeningkatan pendapatan, hal ini dibuktikkan dengan nilai thitung 3,513 > ttabel 2,048dengan signifikansi 0,002 < 0,05. Dan pembaruan kemasan berpengaruh positif dansignifikan terhadap peningkatan pendapatan, hal ini dibuktikkan dengan nilai thitung2,980 > ttabel 2,048 dengan signifikansi 0,006 < 0,05.
Kata kunci: Pelatihan Digital Marketing, Desain Logo, Pembaruan Kemasan, danPeningkatan Pendapatan.